Hastag Campus

Tingkatkan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris dengan 5 Cara Mudah Ini

Kemajuan dunia saat ini membuat kita butuh bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Dalam kehidupan sehari-hari kita membutuhkan bahasa Inggris, baik itu bagi pelajar maupun yang telah bekerja.

Dalam bahasa Inggris, cara pengucapan adalah sesuatu yang menjadi tantangan tersendiri bagi kita orang Indonesia. Bahasa Inggris memiliki cara pengucapan yang jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Tips berikut ini bisa kamu terapkan agar pengucapan bahasa Inggris kamu lebih lancar.

1. Menirukan ucapan penutur asli bahasa Inggris
Seperti masih bayi dahulu, kita belajar berbicara dengan bahasa Indonesia dengan menirukan ibu kita yang selalu mengulang-ulang katanya. Dengan cara tersebut, bayi dapat belajar berbicara sekaligus belajar bahasa. Hal ini dapat juga kita tiru. Belajar bahasa terbaik adalah dengan menirukan penutur aslinya bicara.

Cara termudah untuk menirukan penutur asli bahasa Inggris berbicara adalah dengan menonton film berbahasa Inggris. Saat menonton film kita bisa menirukan cara mereka berbicara dengan benar. Kamu bisa mengulang-ulang adegan yang ingin kamu tirukan dan belajar mengucapkannya dengan benar. Untuk tau bagaimana tulisan ataupun artinya, kamu bisa menggunakan subtitle dalam bahasa Inggris dan mencari artinya di kamus.

Baca juga: 7 Tips Kerjakan Skripsi Mahasiswa Semester Akhir

2. Belajar dari phonetic symbols
Sebenarnya kita dapat menemukan cara membaca kata dalam bahasa Inggris di kamus yang sering kita lewatkan. Kata di dalam kurung yang selalu menyertai semua kata di dalam kamus dengan huruf-huruf yang aneh itu disebut phonetic symbols. Phonetic symbols adalah petunjuk untuk membaca kata tersebut dalam bahasa Inggris yang benar. Kamu bisa mempelajari symbol tersebut dan dapat belajar pengucapan bahasa Inggris dengan baik.

3. Manfaatkan gadget kamu semaksimal mungkin
Kemajuan teknologi membuat segala hal dengan mudah, termasuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa memanfaatkan gawai kamu untuk belajar bahasa Inggris semaksimal mungkin. Kamu bisa belajar dari video YouTube, aplikasi terjemahan bahasa Inggris, membaca berbagai artikel bahasa Inggris. Untuk pengucapan bahasa Inggris kamu bisa menggunakan Google Translate maupun pada website Cambridge Dictionary. Untuk mencoba kemampuan kamu bisa mencari orang asing di berbagai aplikasi daring di gawai kamu.

Baca juga: 6 Hal Berharga Ini akan Kamu Pahami Saat Memutuskan Gap Year

4. Belajar menggunakan tounge twister
Lidah kita yang terbiasa berbicara dengan bahasa Indonesia terkadang susah untuk beradaptasi dengan pengucapan bahasa Inggris. Pengucapan bahasa Inggris yang banyak memiliki pengucapan kata yang berbeda dan terkadang sambung menyambung perkataannya membuat lidah kita susah mengucapkannya. Latihan menggunakan kalimat tounge twister bisa melatih lidah kamu bisa lebih lentur untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Coba deh ucapkan kalimat ini: She sells seashells by the seashore

5. Asah terus skill kamu dengan bicara bahasa Inggris setiap hari
Bahasa adalah suatu kebiasaan, suatu kemampuan yang seharusnya dapat kita lakukan secara autopilot. Seperti kita bisa berjalan tanpa berpikir lagi, kita bisa menyetir mobil tanpa berpikir banyak, seperti itu juga bahasa. Kita dapat berbicara dalam bahasa Indonesia dengan lancar karena kita berbicara setiap hari, sekarang kita dapat berbicara dengan lancar.

Kalau kamu lancar berbahasa Inggris jadikanlah bahasa Inggris kebiasaan kamu. Kamu bisa mencari partner bicara bahasa Inggris ataupun membicarakan satu topik satu jam setiap harinya.

Semua orang perlu belajar, temen-temen kamu yang saat ini jago bahasa Inggris dulunya juga banyak salah. Jadi kamu tidak perlu malu saat belajar bahasa Inggris. Pede aja dan perlihatkan kemajuanmu setiap harinya.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star