Hastag Campus

6 Hal Berharga Ini akan Kamu Pahami Saat Memutuskan Gap Year

Kamu, pasti sering dengarkan dengan istilah Gap Year? Ya, istilah yang disematkan pada seseorang baru lulus SMA/Sederajat yang memutuskan untuk mengambil jeda dalam kurun waktu satu tahun, sebelum melanjutkan kuliah.

Tidak dimungkiri, bahwa keputusan ini pasti pernah membuatmu insecure dan merasa gagal karena kamu belum mencapai targetmu. Tidak apa-apa, karena 6 Hal berharga ini akan kamu pahami saat memutuskan untuk Gap Year. Mari, simak di bawah ini.

1. Belajar menerima bahwa harapan dan kenyataan sering tak sejalan
Di tahun akhir masa sekolahmu, banyak usaha dan doa yang kamu kerahkan, demi masuk kampus yang diidamkan. Tinggal selangkah lagi, tapi ada saja hal-hal yang tak terduga muncul yang menghambat langkahmu menggapai mimpi. Memang, banyak yang terjadi tidak sesuai dengan harapan.

Merasa kecewa pasti, tapi kabar baiknya adalah kamu sekarang menjadi lebih ikhlas dan mengerti, bahwa beginilah hidup berjalan. Mencoba menerima kenyataan dengan tangan yang lebih terbuka.

Baca juga: Ini 6 Cara Bikin Ide Skripsi yang Menakjubkan untuk Mahasiswa

2. Mimpimu memang berlalu tapi kamu tidak melepasnya
Tahun ini kamu memang belum bisa melanjutkan kuliah. Ada hal-hal lain yang lebih membutuhkan atensimu untuk segera diselesaikan. Untuk saat ini, kamu memang harus merelakan mimpimu berlalu begitu saja, tapi di dalam hatimu yang paling dalam kamu tidak benar-benar melepaskannya. Karena, kamu yakin suatu saat mimpimu akan terwujud dengan tekad dan usahamu yang tak pernah surut.

3. Kamu menjadi lebih tahan banting
Bukan hal mudah memang, merelakan suatu hal yang berharga dalam hidup. Rasanya, saat itu terjadi duniamu seperti akan runtuh dan langit hanya berwarna abu-abu. Tapi, sekarang kini kamu sudah kebal menghadapi duri-duri kecil yang datang sewaktu-waktu dalam hidup.

Karena, dulu kamu telah menghadapi yang lebih besar dan mengerikan dari ini. Mentalmu sudah ditempa dan sekarang kamu menjadi lebih tahan banting demi tekadmu menggapai mimpi.

Baca juga: 5 Tips Mengurus Diri Sendiri untuk Kamu yang Sedang Belajar Mandiri

4. Kamu akhirnya tahu siapa yang selalu mendukungmu
Bisa dibilang memilih Gap Year adalah hal yang cukup berat bagimu. Merasa buruk karena semua orang rasanya pergi ke jalannya masing-masing dan meninggalkanmu sendirian. Tapi, orang-orang yang benar menyayangimu tidak akan membiarkan hal itu terjadi pada dirimu merasa sendiri.

Saat inilah kamu tahu siapa saja orang-orang yang tulus memberikan dukungan dan kasih sayangnya kepadamu. Maka dari itu, kamu perlu menjaga dan menghargai kehadiran mereka dengan sepenuh hati.

5. Semua terjadi karena alasan, tidak ada yang sia-sia
Terkadang Gap Year membuatmu berpikir bahwa kamu sedang membuang-buang waktumu dan melakukan hal yang sia-sia. Segera setelah berpikir seperti itu, yakinlah satu hal bahwa semua terjadi karena suatu alasan.

Jalanmu yang sekarang, saat ini memang paling terbaik untukmu. Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Dan yang harus kamu ingat, jangan sampai terlena dan tetap fokus pada tujuan.

6. Berterima kasihlah pada dirimu sendiri
Kamu hebat bisa sampai melewati semua ini. Buktinya kamu masih bisa berdiri dengan tegar sampai saat ini. Hal itu, tak lepas dari peran penting dirimu sendiri yang kuat menghadapi segala cobaan. Sekarang, berterima kasihlah kepada dirimu sendiri. Berterima kasihlah, karena dirimu selalu menemanimu berjuang tanpa lelah.

Gap Year bukanlah suatu bukti kegagalan. Gap Year adalah sebuah pilihan hidup sebagai titik awal membuatmu kembali bangkit dan berjuang menggapai mimpimu kembali. Jangan berputus asa dan kembalilah tersenyum.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star