Hastag Campus

Coba Tanyakan 5 Hal Ini Pada Dirimu Ketika Ingin Bekerja Sambil Kuliah

Sebagai mahasiswa, ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi pada dirimu. Pertama, kamu mungkin bosan dengan rutinitasmu yang hanya dipenuhi dengan kegiatan kuliah, atau yang kedua kamu justru memang orang yang senang disibukkan dengan berbagai macam kegiatan.

Di antara dua kemungkinan itu, kamu bisa jadi terpikiran atau tertarik untuk bekerja paruh waktu seperti yang banyak mahasiswa lakukan. Bekerja sambil kuliah dalam bayanganmu mungkin sangat menyenangkan, tetap menjalani rutinitas kuliahmu sembari bekerja dan mendapatkan uang bisa saja membuatmu semakin bersemangat.

Tapi jangan salah, bekerja tidak hanya berarti bahwa kamu bisa mengisi waktu luangmu, tapi mungkin saja kamu tidak terbiasa atau tidak tahu medan pekerjaan yang sebenarnya.

Maka ada baiknya kamu tanyakan 5 hal ini pada dirimu sendiri sebelum memantapkan rencanamu untuk bekerja sambil kuliah ya.

1. Apa aku bekerja untuk mencari pengalaman atau aku hanya ingin mencari uang tambahan?
Pertimbangkan kembali apakah kamu melamar pekerjaan untuk mencari pengalaman atau kamu hanya ingin mencari uang tambahan. Kalau motivasimu memang untuk mencari pengalaman kerja, maka kamu harusnya bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan passionmu dan tidak hanya asal mencari pekerjaan yang bisa semua orang lakukan, ya.

Beda lagi kalau kamu memang berniat bekerja untuk mencari uang tambahan, mungkin ranahnya pun akan lebih luas.

Baca juga: 10 Tips Wisuda Tepat Waktu dengan IPK Cum Laude

2. Mampu gak ya aku konsisten sama kontrak kerja yang sudah aku sepakati?
Kamu mungkin sangat bersemangat pada mulanya, bekerja sambil kuliah bisa jadi semudah ekspektasimu. Alhasil kamu tentu harus bisa bertanggung jawab dengan pilihanmu, kalau kamu gak konsisten dengan pekerjaanmu karena tidak biasa kamu lakukan, maka kamu tentu akan mengecewakan pihak yang memberikanmu pekerjaan.

Alih-alih dipercaya oleh bosmu, kamu bisa jadi malah dicap sebagai orang yang gak bertanggung jawab lho. Maka alangkah baiknya kalau kamu mempertimbangkan kontrak kerjanya dulu ya, karena kalau kamu sudah sepakat kamu gak bisa tuh yang namanya keluar tanpa alasan.

Malah sebaliknya kamu justru akan mendapat penalti dari perjanjian yang sudah kamu tandatangani.

3. Sebenarnya aku ini orangnya bisa gak ya melakukan banyak hal secara bersamaan?
Mengenali dirimu sendiri juga jadi salah satu yang terpenting lho. Kalau kamu merasa sanggup atau sering mengerjakan sesuatu secara bersamaan, mungkin kapasitas kemampuanmu memang besar.

Tapi kalau sebaliknya, kamu hanya bisa fokus mengerjakan satu hal baru hal yang lainnya, mungkin kamu harus berpikir dua kali untuk bekerja sambil kuliah. Karena itu justru bisa sangat mempengaruhi kinerjamu saat bekerja maupun kuliah.

Baca juga: 6 Beasiswa Ini Akan Segera Tutup di Bulan Mei 2020, Ayo Segera Daftar!

4. Apa orangtuaku setuju aku bekerja sambil kuliah?
Kebanyakan orang tua, apalagi buat kamu yang cewek yang ingin bekerja sambil kuliah mungkin akan sulit dapat restu dari orangtua. Bisa jadi kamu malah menghindar dan gak bilang sama orangtuamu kalau kamu sudah melamar pekerjaan. Wah, jangan sampai ya guys.

Tetap saja kamu perlu untuk memberitahu orangtuamu dulu tentang rencanamu bekerja sambil kuliah, karena sebenarnya mereka juga berhak untuk menilai apakah kamu memang mampu atau tidak.

5. Atau justru aku malah gak punya waktu untuk me time karena sibuk bekerja dan kuliah?
Kalau kamu biasanya selalu punya waktu untuk dirimu sendiri, maka jika kamu mantap ingin bekerja, kamu harus persiapkan dirimu untuk merelakan sebagian waktumu untuk bekerja. Ditambah lagi kamu juga tentu harus menyelesaikan segala tugas kuliahmu.

Kamu harus paham apakah pekerjaan yang kamu lakoni itu jam kerjanya terlalu padat sampai kamu bahkan tidak mungkin punya waktu untuk dirimu sendiri, atau justru sebenarnya kamu sendiri yang harus pandai memanfaatkan waktumu untuk keperluanmu sendiri.

Gimana guys, sudah merenungkan 5 pertanyaan tadi belum? Kamu pastinya harus mengenali dirimu sendiri ya sebelum kamu memutuskan untuk bekerja sambil kuliah. Barangkali banyaknya mahasiswa yang kamu lihat bisa bekerja sambil kuliah memang kenyataannya punya kondisi yang berbeda darimu.

Misalnya saja mereka mungkin adalah mahasiswa tingkat akhir yang sudah menyelesaikan sebagian besar tugas kuliahnya, atau mungkin juga mereka bekerja atas dasar kebutuhan mereka. Semangat!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star