Hastag Campus

5 Gangguan Sepele Ini Bikin Kamu Sulit Fokus Belajar di Rumah Lho

Bagi para pelajar kegiatan belajar adalah kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. Sayangnya ekspektasi yang tinggi akan kelancaran belajar ini sulit terealisasi karena berbagai hal, yang paling sering terjadi adalah sulit fokus. Jika dibiarkan terus menerus prestasi bisa terancam turun drastis. Apalagi kini kegiatan belajar harus dilakukan dari rumah, benar-benar menjadi tantangan tersendiri yang sulit ditaklukkan.

Biar gak mengalami hal seperti itu, hindari 5 gangguan sepele yang bikin kamu sulit fokus belajar di rumah ini, guys!

1. Tidak mengkategorikan tugas sesuai jenis dan prioritas
Melakukan proses pembelajaran dari rumah memiliki sisi baik dan buruknya. Dari sisi baik kamu mungkin merasa lebih santai karena mengerjakannya dari rumah, tapi jika tidak bisa mengelolanya dengan baik bisa-bisa sisi buruk yang kamu rasakan. Tugas yang menumpuk harus dikategorikan sesuai jenis dan prioritas.

Kamu akan lebih mudah mengerjakannya tanpa rasa stres yang berlebihan karena bingung harus mengerjakan yang mana terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Tips Anti Grogi Buat Mahasiswa Baru Saat Berhadapan dengan Dosen

2. Membiarkan gadget berada dalam jangkauan
Gak bisa disepelekan, pengaruh gadget pada fokus belajar itu sangat besar. Jika kamu membiarkannya berada dalam jangkauan, maka jangan heran saat konsentrasi mudah terpecah. Gagdet sebaiknya berada dalam mode hening dan jaraknya jauh dari jangkauan selama kamu sedang belajar.

3. Tergoda mengambil makanan dan minuman terus-menerus
Hal kecil selain gadget yang juga bikin konsentrasi terpecah adalah aktivitas makan. Baik makan besar atau cuma ngemil, keduanya bisa membuatmu sulit fokus saat belajar. Mulai dari bolak-balik cari camilan di kulkas, beli makanan di luar rumah, dan belum lagi ada hal lain saat melakukannya yang bikin kamu semakin lama melakukan jeda di sela-sela pelajaran.

Baca juga: Untuk Mahasiswa, Ini 7 Nilai Positif Lulus Kuliah Gak Tepat Waktu

4. Mencari barang-barang penunjang aktivitas belajar
Sama seperti pergi ke sekolah, belajar di rumah juga harus disiapkan dengan rapi. Kalau perlu tetap gunakan tas dan masukan barang-barang kebutuhanmu sesuai jadwal pelajaran. Karena dengan begini kamu akan menghemat waktu yang biasanya akan tersita hanya untuk menyiapkan barang-barang aktivitas belajar.

Misalnya mencari buku pelajaran yang terselip, mencari penggaris, kamus, dan hal lain. Meski terlihat sepele tapi nyatanya bisa mengganggu fokus belajar.

5. Belajar dengan posisi yang salah
Meskipun belajar di kamar atau ruang belajar sendiri di rumah tetap saja kamu harus disiplin. Hindari belajar dengan posisi yang tidak beraturan, seperti tengkurap, tiduran, dan posisi lain yang tidak selayaknya orang belajar. Tanpa disadari posisi yang salah akan membuat tubuh terasa pegal dan akhirnya mengganggu kegiatan belajar.

Bukan hanya pekerja yang dituntut profesional saat work from home, tapi pelajar juga harus tetap disiplin menciptakan suasana kondusif selama belajar dari rumah. Yuk, hindari kebiasaan di atas tadi agar fokusmu terjaga dan tetap berprestasi meskipun #DirumahAja.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star