Hastag Campus

Untuk Mahasiswa, Ini 7 Nilai Positif Lulus Kuliah Gak Tepat Waktu

Bagi sebagian mahasiswa ideal waktu berkuliah adalah empat tahun, kemudian lulus dan bekerja. Namun, faktanya adalah terdapat sebagian mahasiswa yang lulus tidak tepat waktu dikarenakan skripsi dan lain hal lainnya.

Seringkali hal ini dianggap buruk dan negatif. Jangan salah, di balik anggapan itu, ternyata kamu bisa ambil sisi positif dari lulus kuliah lebih dari jangka waktu idealnya kok. Apa aja sih? Check this out!

1. Kamu bisa memperkaya diri dengan ilmu lainnya.
Sejatinya, mahasiswa terpatok tiap semester mengambil sejumlah SKS yang pada akhirnya harus lulus dengan 144 SKS untuk bisa wisuda. Nah, sisi positif yang pertama adalah kamu bisa mengambil mata kuliah lain yang menarik dan gak bisa diambil saat jangka waktu kuliah kemarin dan gak sempat diambil oleh teman lainnya. Hal ini konon bisa memperkaya diri kamu sendiri, seperti mengambil mata kuliah Bahasa Asing. Kesempatan nih guys!

2. Kamu berpeluang mengukir prestasi sebanyak-banyaknya dengan mengikuti kompetisi tingkat Nasional.
Biasanya, kalau status mahasiswa-mu sudah hilang, kamu akan kehilangan kesempatan untuk berkompetisi di sebuah bidang tertentu. Karena salah satu syarat mengikuti lomba atau kompetisi adalah diakui sebagai mahasiswa di sebuah universitas. Selagi kamu mengejakan skripsi yang tertunda, kamu masih bisa bergerilya menambah pengetahuan dan pengalaman melalui kompetisi. Menarik bukan? Hitung-hitung menambah list prestasi di resume kamu.

Baca juga: Biar Gak Rugi, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Daftar Tes IELTS

3. Bagi kamu yang suka ngajar, kamu bisa jadi Asisten Dosen (ASDOS).
Nah, bagi kamu yang suka mengabdi menjadi dosen, hal ini bisa kamu lakuin sembari mengerjakan skripsi. Selain melatih diri berbicara di depan publik, kamu juga bisa menambah uang saku loh! Karena jadi asdos akan digaji sesuai dengan jam mengajar setiap kelasnya. Selain itu, kamu bisa me-refresh kembali ilmu yang pernah kamu dapat sebelumnya dan membagikannya kepada adik kelas. Pengalaman ini akan sangat berharga, karena kamu termasuk orang-orang terpilih yang berkualitas untuk mengajar.

4. Suka bersosialisasi? Kegiatan volunter bisa kamu ikuti lho!
Universitas pasti menawarkan beragam jenis kegiatan kemahasiswaan, dalam bidang sosial salah satunya. Nah, ini saatnya kamu untuk ikut serta dalam kegiatan sosial. Dimana kegiatan ini tidak bisa kamu ikuti saat waktu kuliah di waktu kemarin. Kamu dapat mengenal orang-orang baru, mengobservasi kehidupan orang lain di pedesaan, atau mengenal lingkungan baru yang belum kamu ketahui sebelumnya. Istimewanya, kamu dapat memperoleh teman dan pengalaman internasional jika kamu tergabung dalam kegiatan sosial tingkat internasional.

5. Lebih banyak waktu untuk memulai bisnis, online shop misalnya.
Sebuah bisnis online biasanya membutuhkan banyak waktu untuk mengurusnya. Terlebih, jika produk yang dijual laku keras di pasaran. Kamu dapat menggunakan lebih banyak waktu untuk membangun bisnis online tersebut. Jika waktu kuliah kemarin tidak sempat karena padatnya jadwal kuliah, padahal untungnya sangat besar jika kamu mengurusnya. Saat inilah kamu bisa gunakan untuk membangun kembali hingga meraih titik untung. Konon, hal ini tidak bisa atau sulit kamu kerjakan secara optimal jika statusmu sudah bekerja di perusahaan.

Baca juga: 5 Sikap yang Harus Dihindari Saat Baru Mulai Menulis Artikel

6. Kamu bisa jadi freelancer apapun yang kamu suka.
Dengan waktu luang lebih yang kamu punya, kamu dapat gunakan waktu itu dengan melakukan hal yang kamu suka dan yang menghasilkan uang. Misalnya, kamu menjadi fotografer untuk beberapa gelaran seperti wisuda dan acara ulang tahun. Bahkan, kamu bisa berkeliling kota untuk melakukan promosi ke SMA di Indonesia sebagai perwakilan universitas-mu. Menghasilkan duit loh! Kamu tidak ada paksaan waktu alias freelance, namun tetap menghasilkan uang. Menyenangkan bukan?

7. Pergi liburan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi.
Work hard, play hard! Jika selama empat tahun, kamu berkutat dengan peliknya perkuliahan hingga jarang ada waktu untuk liburan. Nah, sudah saatnya kamu menggunakan waktu ini untuk berlibur. Tidak perlu ke tempat yang super jauh, kamu hanya membutuhkan ke tempat yang bisa membuat kamu tenang dan bahagia bersama orang terkasih. Hal ini tidak bisa kamu lakukan saat kamu kuliah, wisuda dan langsung bekerja di perusahaan. Jadi, berbahagialah dan bersyukurlah untuk waktu yang kamu miliki saat ini.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star