Hastag Campus

10 Kampus Pertanian Terbaik Aussie Versi QS University Rankings 2020

Buat kamu mahasiswa atau alumnus jurusan pertanian, mungkin Australia menjadi negara tujuan kuliahmu di jenjang pendidikan selanjutnya. Kuliah di negeri kanguru memang sering menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia karena berbagai alasan.

Selain menawarkan pendidikan berkelas dunia, kuliah di Australia banyak diincar karena tersedia program beasiswa serta letak geografis yang relatif dekat dengan Indonesia dibandingkan Eropa atau Amerika Serikat.

Berikut ini daftar 10 jurusan pertanian terbaik di Australia versi QS World University Rankings 2020 yang bisa kamu coba. Dalam hal ini, pertanian mencakup bidang yang luas, yaitu pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, dan ilmu lingkungan.

1. The University of Queensland (UQ)
Pada tahun 2020 ini, School of Agriculture and Food Sciences di UQ dinobatkan sebagai kampus pertanian terbaik di Australia serta menempati peringkat 25 terbaik kampus pertanian di dunia versi QS World University Rankings 2020. Sub disiplin ilmu yang ditawarkan di kampus ini cukup beragam dan spesifik untuk semua jenjang pendidikan, yaitu agribisnis, pertanian, peternakan, ilmu kuda, ilmu pangan, ilmu tanaman, ilmu tanah, dan ilmu satwa liar.

Terdapat beragam topik riset yang bisa kamu pilih di kampus ini, mencakup topik riset dari ide orisinil atau berbagai topik yang terkait dengan permasalahan global seperti penurunan sumber daya alam, perubahan iklim, hingga tantangan kebutuhan pangan global. Topik besar riset yang ditawarkan meliputi agribisnis dan pengembangan pedesaan, ilmu peternakan, kuda, dan satwa liar, ilmu dan teknologi pangan, serta ilmu tanah dan tanaman.

Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website agriculture.uq.edu.au.

2. The Australian National University (ANU)
Posisi kedua kampus pertanian terbaik di Australia ditempati oleh ANU. Kampus ini juga menduduki peringkat ke 32 untuk bidang pertanian dan kehutanan terbaik dunia versi QS World University Rankings 2020.

Sebenarnya, ANU gak menawarkan prodi dengan nama pertanian secara langsung, tetapi mereka memiliki prodi ilmu lingkungan yang masih berkaitan dengan pertanian. Area studi spesifik yang bisa kamu pilih antara lain biologi lingkungan, ilmu lingkungan dan ekologi, serta ilmu bumi lingkungan.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung mengunjungi laman programsandcourses.anu.edu.au dan mencari program “Environmental Science”.

3. The University of Melbourne
Jurusan pertanian, ilmu pangan, dan kedokteran hewan di The University of Melbourne menempati peringkat 3 di Australia dan 35 dunia sebagai kampus terbaik dalam bidang pertanian dan kehutanan versi QS World University Rankings 2020.

Kampus ini menawarkan program S1, S2, hingga S3 dengan spesialisasi di bidang ilmu ekonomi pertanian, ilmu pertanian, kesehatan dan penyakit hewan, ilmu dan manajemen peternakan, bioteknologi, ilmu pangan, ilmu tanaman, ilmu tanaman dan tanah, serta ilmu produksi hewan.

Informasi lebih lengkap mengenai kampus ini bisa dilihat dalam website resmi mereka yaitu study.unimelb.edu.au/find/interests/veterinary-agricultural-and-food-sciences.

4. The University of Western Australia (UWA)
UWA School of Agriculture and Environment menempati ranking ke 4 sebagai kampus pertanian terbaik di negeri kanguru dan peringkat ke 45 dunia. Kampus yang berada di bawah naungan Faculty of Science UWA ini menawarkan prodi ekonomi pertanian dan sumber daya alam, ilmu pertanian, ilmu lingkungan, serta geografi dan perencanaan.

Topik riset untuk prodi ekonomi pertanian dan sumber daya alam terdiri dari ekonomi dan kebijakan pertanian, ekonomi sumber daya dan energi tidak terbarukan, sistem pangan dan agribisnis, ekonomi dan kebijakan air. Untuk prodi ilmu pertanian, riset yang bisa dipilih antara lain produksi hewan, genetika dan pemuliaan, produksi tanaman dan padang rumput, ilmu tanah dan tanaman, serta sistem pertanian.

Prodi ilmu lingkungan juga menawarkan beberapa topik riset yang tidak kalah menarik, seperti manajemen air dan tanah, kesehatan sungai dan muara, bioteknologi lingkungan, dinamika dan ekohidrologi lingkungan, serta penginderaan lingkungan dan analitik data. Sementara itu, terdapat dua fokus riset dalam prodi geografi dan perencanaan, yaitu iklim, daerah tangkapan air, dan pantai serta manusia, lokasi, dan kebijakan.

Informasi lebih jauh mengenai kampus ini dapat dilihat dalam laman uwa.edu.au/science/schools/uwa-school-of-agriculture-and-environment.

5. The University of Adelaide
Selanjutnya, School of Agriculture, Food, and Wine, Faculty of Sciences, University of Adelaide berada di urutan ke 5 terbaik kampus di Australia dan 106 dunia untuk bidang pertanian dan kehutanan.

Kampus ini memiliki program S1 hingga S3 dalam bidang pertanian, ilmu makanan dan nutrisi, serta vitikultur dan oenologi. Sub bidang spesifik yang bisa kamu pilih yaitu sistem pertanian, pangan dan nutrisi, hortikultura, pemuliaan tanaman dan genetika, fisiologi tanaman, proteksi tanaman, vitikultur, dan ilmu anggur (wine science).

Topik riset untuk bidang ilmu pertanian di kampus ini terdiri dari sistem pertanian berkelanjutan, entomologi dan patologi tanaman, ilmu tanah, serta biometri.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengecek di laman sciences.adelaide.edu.au/agriculture-food-wine.

6. The University of Sydney
The University of Sydney Institute of Agriculture memiliki prodi untuk jenjang S1, S2, hingga S3 di bidang pertanian. Sub bidang spesifik yang bisa kamu pelajari di kampus ini, antara lain pertanian, agroekosistem, nutrisi dan diatetika, ekonomi pertanian dan sumberdaya alam, produksi hewan ternak, ilmu pangan, produksi tanaman, quantitative life sciences, ilmu tanah dan hidrologi, serta ilmu tanaman.

Sementara itu, fokus penelitian di kampus yang terletak di Camperdown dan Darlington, New South Wales ini terdiri dari produksi dan pemuliaan tanaman, karbon, air, dan tanah, pangan berkualitas, peternakan, serta pengembangan pertanian.

Info lebih lanjut bisa kamu cari dalam situs sydney.edu.au/agriculture.

7. University of Tasmania (UTas)
The Tasmanian Institute of Agriculture (TIA) yaitu institusi riset di UTas yang bertugas melakukan riset, pengembangan, dan pendidikan untuk mendukung sektor pertanian dan pangan yang makmur, inovatif, dan berkelanjutan di Tasmania.

Jurusan pertanian yang ditawarkan di universitas ini tersedia untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari S1 hingga S3. Fokus riset yang bisa kamu pilih antara lain hortikultura, sistem pertanian,
susu, biji-bijian, dan penggembalaan, serta keamanan dan inovasi pangan.

Informasi lebih lanjut mengenai kampus ini dapat dilihat dalam laman resmi mereka yaitu utas.edu.au/courses/study/agriculture atau https://www.utas.edu.au/tia.

8. James Cook University (JCU)
Di bawah area studi manajemen lingkungan JCU, tersedia program S2 (durasi 2 tahun) dan S3 (durasi 4 tahun) untuk ilmu pertanian, lingkungan, dan studi terkait. Area riset yang tersedia mencakup akuakultur, ilmu lingkungan, pertanian, perikanan, resiko kerusakan hutan, serta manajemen sumber daya alam.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program S2, kamu bisa mengeceknya di jcu.edu.au/courses-and-study/international-courses/master-of-philosophy-agriculture,-environmental-and-related-studies. Sementara itu untuk program S3, kamu bisa mengklik laman jcu.edu.au/courses-and-study/courses/doctor-of-philosophy-agriculture,-environmental-and-related-studies.

9. University of New England Australia (UNE)
Berbeda dengan universitas lainnya, kampus pertanian di UNE berada di bawah naungan Faculty of Science, Agriculture, Business, and Law dan School of Science and Technology. Untuk jenjang S1, terdapat program Bachelor of Agriculture, Bachelor of Agricultural Production and Management, Bachelor of Rural Science, dan Diploma in Agriculture. Untuk jenjang pascasarjana, terdapat pilihan program Graduate Certificate in Agribusiness, Graduate Certificate in Agriculture, Master of Science in Agriculture, Master of Rural Science, dan Doctor of Philosophy.

Kampus yang berlokasi di Armidale, New South Wales ini menawarkan area riset yang cukup luas, mencakup sub bidang agronomi, ilmu biologi, produktivitas pertanian, hukum, ekonomi, dan ilmu sosial. Sementara itu, prioritas tema riset disana, antara lain:

  • Ketahanan pangan dan air di masa depan: ilmu dan teknologi pintar
  • Perubahan iklim dan kelestarian lingkungan: perlindungan keanekaragaman hayati, kebijakan efektif
  • Komunitas kami, tetangga kami: pengembangan regional dan pedesaan, keberlanjutan, kemakmuran dan perdamaian.

Kampus ini memiliki fasilitas yang bernama UNE’s SMART Farm, yaitu tempat percobaan untuk meneliti teknologi-teknologi terbaru, termasuk usaha untuk meningkatkan produktivitas dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

Informasi lebih lanjut bisa langsung kamu cek di my.une.edu.au/courses dengan memasukkan keyword “agriculture”.

10. Western Sydney University (WSU)
Di bawah naungan School of Science, WSU memiliki disiplin ilmu pertanian dan pangan untuk setiap jenjang pendidikan. Untuk prodi pertanian, area riset yang bisa kamu pilih cukup luas, yaitu proteksi tanaman dan biosecurity, pasca panen, air, lingkungan, dan keberlanjutan (pemodelan dan pengelolaan air tanah, hidrologi peri-uban dan produksi pangan berkelanjutan di wilayah sekitar kota, dan manajemen irigasi), pertanian berkelanjutan dan pengembangan pedesaan, fisiologi dan bioteknologi tanaman, serta ketahanan pangan.

Sementara itu, fokus riset untuk prodi ilmu pangan mencakup pengembangan makanan sehat baru, pengolahan dan pelestarian makanan, kualitas daging, perilaku dan kebiasaan makan, makanan fungsional, serta fortifikasi dan mikroenkapsulasi makanan.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik laman westernsydney.edu.au/schools/sosc.

Nah, itulah tadi daftar 10 kampus pertanian terbaik di Australia versi QS World University Rankings 2020. Jadi, kamu tertarik daftar ke kampus yang mana nih?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star