Hastag Campus

Semua Bisa! Ini 5 Tips Melatih Bakat Menulis yang Wajib Kamu Tahu

Banyak yang menyangka bahwa hobi menulis bukanlah bakat yang penting untuk dikembangkan. Padahal, pada dasarnya setiap pekerjaan di dunia ini memiliki kaitannya dengan bakat menulis.

Sekalipun tidak memiliki keinginan menjadi penulis, tetapi apa salahnya pandai dalam bidang menulis? Apakah semua orang yang pandai dan suka menulis harus menjadi penulis? Tidak juga, kok! Maka dari itu, penting untuk mengembangkan bakat menulis sejak dini. Berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan, ya!

1. Menulis jurnal
Tidak sedikit orang yang menyadari bahwa kegiatan menulis buku harian atau jurnal sangat bermanfaat untuk meningkatkan bakat menulis. Banyak, penulis-penulis hebat bahkan musisi, pencipta lagu pun memulainya dari menulis buku harian. Maka dari itu, tips pertama yang harus kamu terapkan adalah mulailah untuk menulis buku harian.

Catatlah apa-apa saja yang terjadi padamu, curahkan apa yang ada dalam benakmu dalam buku. Dengan mencatat itu, maka dirimu akan secara otomatis membuat otak bekerja untuk merangkai kata-kata. Pembiasaan seperti inilah yang akan membuat bakat menulismu setiap harinya semakin meningkat.

Baca juga: Tugas Menumpuk, Ini 5 Cara Menghilangkan Stres Akibat Kuliah Online

2. Banyak membaca
Tips kedua yang tidak kalah penting adalah memperbanyak bahan bacaan. Mengapa? Karena, bagi kamu yang ingin melatih bakat menulismu sangat membutuhkan asupan kosakata. Dari manakah sumber kosakata ini? Jawabanya adalah dengan membaca.

Dengan membaca, otakmu akan mendapatkan nutrisi berupa kosakata yang baru. Banyaknya kosakata baru yang kamu dapat dari kegiatan membaca ini, alhasil kamu akan lebih mudah merangkai dan menggunakan kata itu saat mulai menulis.

3. Gabung di komunitas
Selanjutnya adalah kamu harus bergabung di dalam suatu komunitas menulis. Jika kamu disibukkan dengan kegiatan-kegiatanmu setiap harinya secara offline, saat ini, dengan adanya teknologi yang semakin canggih, kamu tetap bisa bergabung dengan komunitas menulis online, lho.

Dengan bergabung bersama mereka, kamu akan berbagi tentang pengalaman menulis hingga cara menulis yang benar sesuai dengan KBBI dan PUEBI.

Baca juga: 5 Pertimbangan Penting dalam Memilih Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

4. Ikuti lomba
Setelah ketiga tips di atas sudah kamu terapkan, selanjutnya adalah mulai untuk menantang dirimu sendiri. Dengan mencoba suatu tantangan, mengikuti lomba misalnya, kamu akan lebih mengetahui kemampuan menulismu sudah sampai pada tingkat yang mana.

Tidak sedikit para penulis yang stuck dengan kemampuannya yang segitu-gitu saja, salah satu alasannya adalah tidak adanya kemauan untuk menantang diri. Jadi, kamu harus mulai keluar dari zona nyaman menulismu, dan coba ikuti berbagai lomba yang tersedia. Jangan lewatkan kesempatan itu, karena itu adalah saat yang tepat untuk memperbaiki kualitas tulisanmu!

5. Komitmen
Yang pertama kamu harus rasakan bahwa kegiatan menulismu adalah sebuah kebutuhan yang perlu kamu lakukan setiap harinya. Dengan hadirnya perasaan seperti ini, kamu tidak akan menjadikan kegiatan menulismu sebagai beban jika kamu harus setiap hari menulis.

Karena, kebiasaan menulis setiap harinya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tulisan ke depannya. Ingat! Penulis berkualitas itu bukan dia yang indah tulisannya hanya sekali saja, tapi dia yang bisa berkomitmen pada diri untuk selalu konsisten menciptakan tulisan indah setiap harinya.

Nah, itulah 5 tips untuk melatih bakat menulismu, yang boleh jadi masih terpendam. Semua bisa nulis, kok. Selamat mencoba!

Sumber: Idntims.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star