Hastag Campus

Penting, 5 Alasan Mengapa Jurusan Kuliah Harus Dipikir dengan Matang

Kuliah merupakan proses belajar untuk kita bisa masuk ke dalam dunia kerja. Apa yang kita pelajari selama kuliah akan kita terapkan saat bekerja. Namun, masih banyak orang yang memilih jurusan kuliah sembarangan.

Jurusan kuliah tidak boleh diremehkan, kamu harus memikirkannya dengan matang. Supaya kamu sungguh-sungguh, simak lima alasan mengapa kamu harus memikirkan jurusan kuliah dengan benar.

1. Mendapatkan jurusan yang sesuai dengan kemampuan
Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan membutuhkan pemikiran yang matang. Kamu harus memiliki beberapa pertimbangan atau pilihan jurusan lain yang sesuai dengan kemampuanmu. Jika serius mempertimbangkan beberapa jurusan yang terbaik dan tidak asal pilih, kuliah akan berjalan lancar sesuai dengan kemampuan yang kamu punya.

Baca juga: Tugas Menumpuk, Ini 5 Cara Menghilangkan Stres Akibat Kuliah Online

2. Agar tidak berhenti di tengah jalan
Banyak mahasiswa yang memutuskan berhenti di tengah jalan karena salah jurusan. Ada yang memilih untuk berhenti kuliah atau pindah jurusan lainnya. Hal ini akan membuang waktu, tenaga, dan biaya yang cukup banyak karena kita merasa tidak nyaman di jurusan tersebut. Jurusan yang sesuai dengan keinginanmu akan membuat kamu nyaman dan lebih termotivasi.

3. Jurusan yang salah membuat kamu kurang bersemangat untuk kuliah
Mahasiswa yang salah dalam menentukan jurusan akan merasa malas menjalani perkuliahan sehari-hari. Karena tidak suka dengan jurusan tersebut, tidak ada motivasi untuk belajar agar bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Semua yang kamu kerjakan menjadi kurang maksimal karena tidak ada rasa tertarik dengan jurusan tersebut.

Baca juga: 5 Pertimbangan Penting dalam Memilih Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

4. Supaya kamu bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi
Ketika kamu memilih jurusan yang benar-benar kamu inginkan, semua akan terasa mudah untuk dilewati. Kamu akan memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih prestasi dalam bidang akademik. Motivasi untuk lulus kuliah dengan hasil yang memuaskan lebih tinggi karena kamu menjalankan perkuliahan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

5. Kuliah adalah proses belajar menuju dunia kerja
Saat kuliah, kamu mempelajari ilmu yang akan digunakan pada saat bekerja nanti. Kamu harus bersungguh-sungguh agar bisa memahami materi selama kuliah. Jika kamu salah dalam memilih jurusan, rasa malas untuk berusaha akan ada nantinya. Oleh sebab itu, kamu harus memilih jurusan yang sesuai dengan yang benar-benar diinginkan.

Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah. Perlu pertimbangan yang cukup matang untuk dapat menentukan mana yang cocok untukmu. Jika kamu memiliki keyakinan dan kemampuan akan jurusan tersebut, jangan ragu untuk memilihnya. Jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu punya akan terasa lebih mudah untuk dijalani. Selain itu, kamu akan termotivasi untuk berprestasi saat kuliah.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star