Hastag Campus

5 Ilmu Digital yang Patut Kamu Pelajari Jika Ingin Sukses di 2020

Di tahun 2020 ini terdapat beberapa perusahaan yang mulai meningkatkan kinerjanya atau bahkan profitnya dengan memanfaatkan aspek digital. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari kemampuan di bidang digital atau teknologi agar bisa semakin sukses di dunia kerja. Nah, kira-kira apa saja ya kemampuan yang harus dipelajari? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Artificial intelligent
Artificial intelligent atau yang biasa disingkat dengan AI merupakan suatu kecerdasan buatan yang bisa menafsirkan data eksternal secara tepat. Data yang dikumpulkan tersebut kemudian akan digunakan sebagai pembelajaran untuk beradaptasi dalam tugas tertentu dan bisa mencapai tujuan.

Selain itu, AI ini bisa juga digunakan untuk memprogram suatu program komputer untuk sehingga dapat bekerja secara otomatis. Misalnya, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara, dan wajah.

Baca juga: Tugas Menumpuk, Ini 5 Cara Menghilangkan Stres Akibat Kuliah Online

2. Social media marketing
Ilmu yang satu ini pada dasarnya tidak hanya mempelajari tentang bagaimana cara berjualan secara online saja. Melainkan juga strategi marketing dan analisa tren untuk menentukan kebiasaan dari pelanggan sehingga pemasaran yang kamu lakukan dapat berjalan lebih efektif. Dengan pesatnya perkembangan media sosial saat ini, kemampuan social media marketing tentu sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

3. Software development
Era digital saat ini juga berpengaruh pada sistem perusahaan, di mana beberapa di antara menjadi lebih fokus terhadap peningkatan perangkat lunak mereka. Seperti, munculnya e-commerce, marketplace, m-banking, dan berbagai aplikasi lainnya.

Nah, untuk mendukung hal tersebut, jelas dibutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan software yang mereka miliki. Oleh karena itu, mempelajari software development merupakan salah satu hal yang patut kamu pertimbangkan.

Baca juga: 5 Pertimbangan Penting dalam Memilih Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

4. UI/UX design
Kamu pasti pernah mendengar tentang pekerjaan sebagai UI/UX designer, kan? Nah, kedua profesi ini sebenarnya dilandasi oleh dua kemampuan yang berbeda, lho. UI merupakan kemampuan yang berhubungan dengan wujud tampilan yang sering kamu temui dalam sebuah aplikasi, berupa font, warna, bentuk ruang, dan tata letak dari berbagai item yang ada.

Sedangkan UX adalah suatu kemampuan untuk mengetahui kebiasaan orang lain dalam menggunakan suatu aplikasi. Sehingga, aplikasi yang nantinya dibuat oleh UI akan nyaman digunakan oleh penggunanya.

5. Data analytics
Data analytics adalah sebuah kemampuan untuk menganalisa data yang kamu miliki untuk mendapatkan suatu kesimpulan tertentu. Kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk meningkatkan pendapatan, efisiensi operasional, pengoptimalan program marketing, dan merespons cepat tren yang ada di pasar. Dengan kata lain, data analytics sangat berguna dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Itulah beberapa ilmu dalam bidang digital yang patut dipelajari agar kamu bisa segera sukses di tahun 2020. Nah, selain dengan menempuh studi, kemampuan-kemampuan di atas juga bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus, lho.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star