Hastag Campus

Antisipasi COVID-19, Ini 5 Tips Bantu Anak Belajar dari Rumah

Kebijakan di beberapa daerah di Indonesia yang meliburkan sekolah selama 14 hari terhitung mulai Senin, 16 Maret 2020 sudah mulai dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk lebih efektif dalam mengurangi dampak virus Corona COVID-19 yang sudah menjadi kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat.

Pentingnya dukungan orang tua dalam hal ini bisa saja mempengaruhi berhasil tidaknya kebijakan tersebut dilakukan. Salah satu peran orang tua yang bisa dilakukan adalah dengan tetap memantau anak untuk tetap tinggal di rumah dan tetap membantunya belajar.

Inilah 5 tips yang bisa dicoba untuk bisa membantu anak belajar dari rumah.

1. Buat suasana rumah lebih nyaman untuk belajar
Kebijakan meliburkan sekolah untuk sementara waktu demi pencegahan virus COVID-19 memang penting dilakukan. Peran orangtua juga penting dalam hal ini, demi tetap bisa memantau dan membantu anak untuk belajar cobalah untuk membuat suasana rumah bisa lebih nyaman untuk belajar.

Dari segi penerangan, kebersihan ruangan, serta ketersediaan alat tulis yang lengkap dapat membantu anak lebih nyaman dalam belajar.

2. Mendukung anak dengan cara menemaninya belajar
Waktu libur sekolah dengan adanya wabah COVID-19 akan lebih bermanfaat jika dilakukan untuk belajar. Sebagai orang tua yang baik hendaknya ikut membantu dalam proses mengawasi serta membantu anak ketika belajar dilakukan di rumah.

Dukungan tersebut bisa dilakukan dengan menemani anak ketika ia sedang belajar. Dengan kehadiran orang tua akan menambah semangat anak.

3. Bisa memanfaatkan internet dan gadget
Kecanggihan teknologi saat ini bisa kita manfaatkan untuk mempermudah kita dalam mendapat informasi dengan baik. Ketika anak lebih harus bisa maksimal belajar di rumah dengan adanya kebijakan meliburkan sekolah demi pencegahan COVID-19, baik internet maupun gadget bisa kita manfaatkan untuk membantu anak belajar lebih efektif lagi.

Mengingat sekarang juga sudah banyak sekolah yang memanfaatkan internet dalam proses belajar mengajar, hal ini juga bisa kita contoh dan juga tetapkan di rumah.

4. Bisa menjadi teman diskusi yang baik untuk anak
Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung kebijakan libur sekolah guna pencegahan COVID-19, salah satunya dengan memberi dukungan kepada anak dalam proses belajar dari rumah.

Salah satu cara yang efektif untuk bisa membantu sekaligus memantau anak belajar adalah dengan menjadi teman diskusi yang baik. Cara belajar dengan metode diskusi akan memberi efek yang baik untuk anak dalam menerima pelajaran.

5. Biar tambah semangat, sediakan air mineral dan beberapa cemilan buat menemaninya belajar
Belajar dirumah akan sangat menyenagkan jika ada beberapa cemilan yang tersedia untuk menemani proses belajar tersebut. Kebijakan yang diberikan untuk meliburkan sekolah karena COVID-19 selama 14 hari bukanlah waktu yang sebentar.

Proses belajar di rumah akan lebih menyenangkan ketika ada dukungan dari orang tua, salah satunya dengan menyediakan air mineral dan beberapa camilan untuk menambah semangat anak dalam belajar.

Itulah 5 tips yang bisa dilakukan untuk membantu anak belajar dari rumah. Kebijakan untuk meliburkan sekolah guna pencegahan COVID-19 akan lebih efektif jika setiap orang tua juga bisa memberikan peran yang baik di dalamnya.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star