Hastag Campus

7 Tips Asyik untuk Memotivasi Kamu Selama Belajar Online di Rumah

Selama masa pandemi, semua nyaris dilakukan serba online. Belanja, bekerja bahkan belajar juga dilakukan secara online. Ya, bersyukurlah dengan teknologi yang canggih sehingga kita bisa beraktivitas walaupun dengan beberapa keterbatasan.

Selama pandemi pula kita harus beradaptasi dengan situasi baru, salah satunya belajar secara online. Iya, pembelajaran dilakukan lewat aplikasi yang telah disediakan. Proses belajar mengajar harus tetap berjalan untuk menuntaskan masa studi. Tapi, belajar online punya tantangan sendiri, yaitu menekan rasa malas para siswanya. Nah.supaya gak mager, ini lima tips tetap semangat selama belajar online di rumah. Coba, yuk!

1. Buat suasana yang menyenangkan dan nyaman agar kamu betah belajar
Kenyamanan memang faktor penting bikin mood belajar jadi bagus. Suasana yang tenang bikin konsentrasi gak mudah pecah. Kamu jadi menyerap pelajaran dengan cepat. Karena selama belajar online kamu hanya bertatapan via ponsel atau laptop, kamu harus lebih aktif.

Sesekali ganti posisi duduk biar badanmu gak kaku. Kondisi dan suasana rumah yang nyaman akan membantumu memahami pelajaran. Baik di sekolah ataupun rumah, intinya tetap sama kok, yaitu sama-sama belajar. Hanya lokasinya saja yang berbeda.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Kamu Akan Menjalani Sidang Skripsi Online

2. Belajar yang efektif bukanlah begadang semalam suntuk. Jangan lupa istirahat agar badan dan pikiran jadi rileks
Belajar yang baik gak harus sampai lewat tengah malam kok. Nantinya malah bikin kamu stres dan pusing. Selama belajar online tetap istirahat yang cukup, asalkan istirahatnya jangan kebablasan ya. Ingat, kamu lagi belajar, lho. Sesekali, lakukan peregangan sederhana supaya kamu gak suntuk dan bosan karena terlalu lama belajar.

3. Atur barang-barangmu supaya rapi. Kondisi meja yang baik akan membuatmu betah belajar
Mengorganisir barang-barang pada meja belajar sangat penting, lho. Hayo, coba bayangkan bagaimana bisa kamu belajar dengan baik kalau buku-buku berserakan di mana saja. Malah bikin mager dan malas ngerjain tugas.

Sebab itu, letakkan barang-barangmu pada tempatnya. Jika sewaktu-waktu ingin dipakai kamu gak bingung mencarinya. Meja belajar yang rapih bikin mood belajar tambah bagus. ‘Kan kece banget kalau meja belajarmu rapi.

4. Buat rangkuman pada sticky notes sebagai pengingat materi belajar
Kalau kamu tipe pelupa dan termasuk lumayan malas buka buku catatan, ada solusi supaya tetap bisa belajar dengan baik. Gunakan sticky notes warna warni sebagai catatan. Buatlah rangkuman pada sticky notes dan tempelkan di dinding atau meja belajar.

Warna warni pada sticky notes akan menarik minatmu untuk membaca. Dengan begitu kamu gak lupa dengan materi yang diajarkan oleh guru. Kamu juga bisa pakai pulpen atau highlighter warna warni agar tulisannya gak monoton. Dijamin bikin belajar online jadi semakin asyik deh.

Baca juga: 5 Hal Keliru tentang Magang yang Harus Berhenti Dipercayai Mahasiswa

5. Faktor pencahayaan juga berpengaruh, lho. Apalagi kalau menghadap langsung dengan pemandangan, pasti bikin mood belajar jadi naik
Pencahayaan yang baik akan membantumu belajar dengan benar. Selain bagus untuk mata, juga baik untuk menjaga konsentrasi. Akan semakin menyenangkan kalau menghadap dengan jendela dengan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.

Jika bosan, kamu bisa menatap langit biru atau sekadar pemandangan luar rumah. Selama belajar online, kamu harus pandai menciptakan suasana supaya gak gampang bosan.

6. Belajar sambil ngemil dan mendengarkan musik? Gak masalah kok
Makanan enak memang gak pernah gagal bikin hati senang. Selama belajar online, gak apa-apa kok kalau di selingi camilan dan minuman yang enak. Kurang puas? Setel musik favoritmu biar tambah seru. Yang terpenting bisa membantumu giat belajar.

Soal makanan, tetap perhatikan asupan kamu ya. Jangan terlalu sering konsumsi junk food. Junk food memang enak, namun lemaknya yang berlebihan bisa membahayakanmu. Seimbangkan dengan makanan yang bergizi supaya tetap sehat.

7. Belajar di rumah gak jadi alasan untuk malas! Tetap jaga konsentrasimu, ya
Belajar di rumah bukan kesempatan untuk malas-malasan. Pun sama dengan tugas-tugasmu yang harus dikerjakan. Yang gak kalah penting adalah menjaga konsentrasi. Kalau sudah waktunya belajar, kamu harus serius. Sistem belajar online bukan alasan sehingga produktivitasmu turun. Ayo, tetap semangat, ya.

Itulah tips yang bisa dicoba untuk memotivasimu selama belajar di rumah. Ya, situasi pandemi seperti sekarang memang menyulitkan, tapi gak boleh menurunkan semangat belajarmu, ya.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star