Hastag Campus

Jangan Malas, Terapkan 5 Tips Ini Agar Kuliah Online Berjalan Efektif

Kuliah online sedang banyak dijalankan oleh beberapa kampus di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya penyebaran virus corona yang semakin meningkat di Indonesia. Kuliah online seringkali membuat kita malas karena tidak ada yang menegur kita jika tidak serius.

Jika seperti ini, kuliah menjadi tidak efektif karena kita terlalu menggampangkan materi yang diberikan secara online. Agar kamu dapat mengerjakan semua tugas dan memahami materi dengan baik, ikuti 5 tips di bawah ini yuk!

1. Selalu update informasi yang diberikan oleh dosen
Saat kuliah online seperti ini, informasi yang diberikan oleh dosen sangatlah penting. Dosen biasanya akan memberi tugas atau materi baru melalui situs online. Selalu update informasi yang diberikan oleh dosen melalui grup kelas, teman, dan sarana lain yang bisa memberikan banyak informasi tentang proses kuliah. Jangan sampai kamu terlambat mengetahui informasi penting dan tugas yang harus dikumpulkan sesuai deadline.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Kamu Akan Menjalani Sidang Skripsi Online

2. Tetap disiplin seperti kuliah biasanya
Kuliah online bukan berarti kamu lebih santai dalam belajar. Ini menjadi tantangan supaya kamu dapat memahami materi meskipun banyak keterbatasan karena kuliah yang diadakan secara online tanpa bertatap muka dengan dosen. Kamu harus benar-benar disiplin dengan jam kuliahmu. Aturlah waktu dengan baik untuk mengikuti pembelajaran secara online sesuai dengan ketika kamu di kampus.

3. Jangan menunda-nunda tugas yang harus dikerjakan
Tugas yang diberikan oleh dosen sebaiknya jangan ditunda terlalu lama untuk dikerjakan. Sistem kuliah online ini membuat dosen lebih banyak memberikan tugas agar mahasiswa lebih paham dan disiplin untuk belajar. Jika terlalu lama menunda pekerjaan, tugasmu akan menumpuk. Hal ini akan membuat kamu merasa lelah ketika mengerjakan semua tugas secara bersamaan dan dikejar deadline.

Baca juga: Sering Bikin Iri, Ternyata Kuliah di Luar Negeri Juga Butuh Perjuangan

4. Jangan malu bertanya kepada dosen jika kamu belum paham
Saat kamu mendapatkan materi baru atau tugas yang belum kamu mengerti, jangan malu untuk bertanya kepada dosen. Tanyakan hal yang belum kamu pahami dengan dosen agar kamu bisa mengetahui segera jawabannya. Jangan malu untuk bertanya karena materi yang belum kamu pahami bisa saja penting untuk ujian dan tugas-tugasmu.

5. Lebih mandiri dalam belajar
Dengan adanya kuliah online, usahamu harus lebih maksimal dari biasanya. Lebih rajin lagi untuk mencari informasi, membaca buku, dan bertanya agar selalu update tentang materi kuliah yang sedang berjalan. Jangan sampai kuliah online menyebabkan kamu tertinggal dan berakibat terhadap nilai ujian atau tugas-tugasmu.

Kuliah yang biasa dilakukan di kelas dan beralih secara online memang perlu adaptasi di awal. Jadikan kuliah online sebagai tantangan baru agar kamu bisa terbiasa memanfaatkan teknologi untuk belajar.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star