Hastag Campus

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menyia-nyiakan Kesempatan Magang

Kalau kamu berkesempatan untuk magang atau internship sebelum mendapatkan pekerjaan tetap, maka selamat! Akan ada banyak manfaat yang akan kamu rasakan nantinya.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu gak boleh menyia-nyiakan kesempatan magangmu.

1. Ada banyak hal baru yang bisa kamu dapatkan dari magang
Selama masa magang, ada berbagai hal baru yang mungkin akan kamu dapatkan. Kamu bisa mempelajari atau mengasah berbagai hard skills dan juga soft skills yang mungkin belum pernah kamu dapatkan di sekolah atau kampus. Berbagai skills tersebut tentunya akan sangat berguna sebagai modal awal sebelum memasuki dunia kerja.

2. Melalui magang, kamu bisa lebih mengenal diri sendiri
Saat menjalani masa magang, kamu akan mengerti bidang mana yang kamu sukai dan mana yang gak kamu sukai. Kamu juga bisa mengevaluasi hal apa yang jadi kelebihan dan kekuranganmu. Tentunya, ini sangat bermanfaat untuk menyusun strategi agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

3. Gak semua orang berkesempatan magang
Gak semua orang berkesempatan magang, lho! Kecuali memang sudah punya koneksi, kamu tetap perlu apply ke suatu perusahaan atau lembaga untuk bisa magang. Dalam proses aplikasi magang, ada yang diterima dan mungkin ada juga yang ditolak. Kalau kamu adalah salah satu orang yang diterima, maka kenapa kamu gak menggunakan kesempatan itu sebaik-baiknya?

4. Kesempatan networking saat magang sangatlah berharga!
Salah satu motivasi untuk magang adalah untuk membangun koneksi atau relasi. Pengalaman magang memberikan kamu akses langsung terhadap orang-orang profesional dan ini menjadi kesempatan untukmu melakukan networking. Kalau kamu sudah mengenal banyak orang yang tahu bahwa kamu bisa bekerja dengan baik selama magang, bukan gak mungkin kesempatan pekerjaan akan datang menghampirimu nantinya.

5. Magang bisa menjadi jalan pembuka kariermu
Tim HR atau perekrut dalam suatu perusahaan umumnya akan mencari kandidat yang memiliki pengalaman kerja. Kalau kamu belum pernah bekerja full-time sebelumnya, maka pengalaman magang bisa menjadi poin plus buat kamu. Bukan gak mungkin, asal kerjamu baik, kamu juga bisa berpeluang ditawari posisi full-time di perusahaan tempatmu magang.

Wah, ternyata ada banyak alasan kenapa kamu gak boleh menyia-nyiakan kesempatan magang. Karena itu, jangan ragu lagi. Ambil kesempatan magang, lakukan sebaik-baiknya, dan bersiaplah menghadapi perjalanan karier yang cemerlang! Tetap semangat, guys!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star