Hastag Campus

5 Cara Jitu Mendapatkan IPK 4.0 bagi Mahasiswa Baru

Nilai IP (Indeks Prestasi) pada setiap semester sangat penting karena dapat berpengaruh pada nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di akhir semester. Untuk itu, sejak berada di semester awal kamu harus giat untuk mendapatkan nilai IP yang bagus, bahkan kalau bisa mencapai 4.0.

Meski tidak mudah, ada lho beberapa cara yang bisa kamu lakukan terutama sejak masih menjadi mahasiswa baru dan duduk di semester satu. Apa saja itu? Yuk, intip informasinya di bawah ini.

1. Duduk di bangku paling depan
Hal pertama sekaligus yang paling sederhana dan mudah adalah dengan duduk di deretan bangku yang paling depan. Ini karena biasanya deretan bangku paling depan di dominasi oleh orang-orang yang ingin serius untuk belajar. Jadi, kamu bisa lebih fokus mempelajari materi yang diberikan oleh dosen ketika berada di kursi yang paling depan.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Paling Sering Orang Lakukan Saat Belajar Bahasa Asing

2. Aktif berpartisipasi di dalam kelas dan memiliki inisiatif yang tinggi
Selain duduk di bangku paling depan, kamu juga harus aktif di dalam kelas, seperti berinisiatif untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang dilempar oleh dosen. Sebab, biasanya salah satu parameter penilaian dosen adalah keaktifan di kelas.

Namun, perlu diingat bahwa pertanyaan dan jawaban yang kamu sampaikan harus memiliki bobot dan berlandaskan ilmu pengetahuan yang baik. Sehingga, dosen tidak akan berpikir jika kamu hanya mencari perhatian dengan asal bunyi saja.

3. Menggunakan pakaian rapi dan tidak telat masuk kelas
Meski waktu kuliah terkesan lebih fleksibel dibandingkan dengan saat sekolah, akan tetapi telat masuk kelas dan menggunakan pakaian yang rapi juga bisa memengaruhi penilaian dosen terhadapmu. Jadi, ketika kamu sering telat masuk kelas dan datang dengan pakaian yang semrawut, jangan heran jika nilai IPK mu tidak sebaik yang kamu harapkan.

Baca juga: 5 Cara Membangkitkan Mood Ketika Merasa Bosan Saat Belajar, Yuk Coba!

4. Menerapkan cara belajar yang sesuai dengan dirimu
Setiap orang pasti memiliki cara belajarnya masing-masing. Ada yang suka belajar dengan sistem kebut semalam (SKS), ada yang suka belajar di malam hari atau di pagi hari, dan ada yang suka belajar setiap hari atau hanya saat mendekati waktu ujian saja. Nah, untuk itu ketahuilah cara belajar yang tepat bagi dirimu agar hasil yang didapat jadi lebih maksimal.

5. Selalu mengumpulkan tugas dengan tepat waktu
Hal terakhir yang kamu harus lakukan adalah dengan selalu mengumpulkan tugas tepat waktu. Ini karena biasanya jarang ada dosen yang mau menerima tugas jika sudah melewati batas waktu pengumpulannya. Alhasil, nilai tugas kamu akan menjadi kosong dan nilai mengurangi nilai akhir IPK, deh.

Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya mendapatkan nilai IPK 4.0 bagi mahasiswa baru saat duduk di semester awal. Jadi, usahakan jangan sampai nilai IP kamu di setiap semester terlalu rendah karena dapat memengaruhi nilai IPK kamu saat lulus. Semangat menempuh bangku kuliah, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star