Hastag Campus

5 Kesalahan yang Paling Sering Orang Lakukan Saat Belajar Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing bukanlah hal yang mudah. Sebab, bahasa merupakan sesuatu yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga untuk dapat menggunakannya secara baik butuh waktu dan usaha yang tidak sebentar.

Sayangnya, beberapa orang kerap melakukan kesalahan saat mempelajari bahasa asing. Apa saja kesalahan itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Hanya menggunakan satu metode pembelajaran
Ketika mempelajari bahasa asing, pasti kamu akan menemukan kata-kata dan frasa baru setiap harinya. Oleh karena itu, elemen dalam menguasai sebuah bahasa pun tidak dapat diukur hanya dari satu dimensi saja. Sehingga, untuk mempelajarinya gak akan cukup dengan satu metode pembelajaran.

Baca juga: 5 Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Kamu yang Kuliah Sambil Bekerja

2. Terpaku dengan terjemahan kata per kata
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat berbagai elemen dalam penguasaan bahasa asing yang perlu kamu pelajari. Salah satunya adalah kosakata atau idiom yang tidak bisa diterjemahkan dengan mengartikannya kata per kata. Oleh karena itu, kamu wajib mempelajari suatu bahasa dengan cara mengenal bahasa tersebut dengan baik.

3. Tidak aktif melatih penggunaan bahasa asing tersebut
Bisa memahami dan menggunakan suatu bahasa asing tidaklah cukup untuk benar-benar menguasainya. Kamu perlu melatihnya secara intensif agar bisa lebih aktif dalam menggunakan bahasa tersebut secara verbal maupun non verbal. Ingatlah pepatah “practice makes perfect”!

Baca juga: 5 Hal Ini Menandakan Kamu Punya Fokus dan Konsentrasi yang Rendah

4. Menjadikan proses belajar sebagai beban
Hal yang satu ini merupakan kesalahan paling umum sekaligus paling fatal. Sebab, dengan mindset seperti ini, kamu akan menjadi benar-benar merasa bahwa apa yang kamu pelajari adalah sebuah beban. Sehingga, akan sangat sulit untuk bisa memahaminya dan menguasainya.

5. Tidak menetapkan tujuan belajar yang spesifik
Ketika belajar bahasa asing, beberapa orang hanya akan menetapkan tujuannya sampai bisa menguasai bahasa asing yang dipelajarinya saja. Namun, tidak ada tujuan spesifik yang dapat mengarahkan mereka untuk semangat mempelajari bahasa asing tersebut. Misalnya, harus bisa menguasai Bahasa Inggris di tahun ini, atau di bulan depan, dan seterusnya.

Nah, itu dia beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika berusaha untuk belajar bahasa asing. Karena kamu sudah mengetahuinya, jangan sampai melakukannya, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star