Hastag Campus

5 Cara Membangkitkan Mood Ketika Merasa Bosan Saat Belajar, Yuk Coba!

Di tengah kegiatan belajar atau mengerjakan sesuatu, pasti ada saja momen-momen yang membuatmu bosan dan merasa stres. Alhasil, kamu pun tergoda untuk membuka media sosial atau membalas chat di aplikasi pesan.

Meski hal tersebut bisa menjadi mengalihkan perhatianmu dari rasa bosan, akan tetapi cara itu terbilang kurang tepat karena bisa menurunkan produktivitas. Untuk itu, cobalah beberapa cara di bawah ini untuk membangkitkan mood saat merasa bosan belajar.

1. Istirahat sejenak
Jangan memaksakan diri ketika kamu sudah bosan belajar. Untuk itu, cobalah untuk beristirahat sejenak dengan tidur selama 15-30 menit. Setelah terbangun, dijamin kamu menjadi lebih segar dan bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas-tugasmu.

Baca juga: 5 Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Kamu yang Kuliah Sambil Bekerja

2. Bermain dengan hewan peliharaan
Mengisi waktu istirahat ketika bosan belajar, juga bisa dilakukan dengan bermain bersama hewan peliharaan. Walau sekadar memberi makan atau mengelus hewan peliharaan, hal tersebut dipercaya bisa melepas ketegangan dan stres ketika sedang belajar, lho!

3. Menonton video lucu
Kalau tidak memiliki hewan peliharaan, kamu bisa menonton video-video lucu yang ada di YouTube atau media sosial lainnya. Tapi, jangan sampai kamu terbuai dan keterusan berselancar di media sosial! Cobalah pasang alarm selama 15-20 menit saja, ya!

Baca juga: Inilah 7 Kelebihan Membaca Buku Teks Dibandingkan E-book

4. Mandi
Ketika kamu sudah merasa stres atau jenuh belajar, cobalah untuk menyegarkan tubuh dan pikiran kembali dengan mandi air dingin. Hal tersebut bisa membuat otot dan otak menjadi lebih rileks sehingga kamu kembali siap untuk menerima pembelajaran baru.

5. Pindah tempat
Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berhenti sejenak dan pindah tempat belajar. Ini karena lingkungan belajar dapat memengaruhi semangat dan mood untuk belajar. Jadi, hal ini juga berperan besar untuk meningkatkan mood belajar kamu, lho!

Ingat! Jangan pernah memaksakan diri dan pikiran untuk tetap belajar karena hal tersebut bisa berdampak buruk bagimu. Jadi, istirahatlah sejenak dan cobalah lakukan beberapa hal di atas!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star