Hastag Campus

Inilah 7 Kelebihan Membaca Buku Teks Dibandingkan E-book

Saat ini, kamu tidak asing lagi dengan membaca e-book , yaitu buku yang berbentuk soft file yang memiliki format .pdf (portable document format). E-book hanya bisa dibaca melalui gadget, seperti ponsel, tablet, e-book reader, dan komputer. E-book pun disebut seolah-olah menggantikan peran buku teks yang kita baca selama ini. Namun, buku teks yang dicetak masih terus dicari orang. Mengapa begitu? Yuk simak list berikut ini!

1. Lebih fokus memahami isi buku
Ketika kamu membaca e-book yang dibuka melalui HP ataupun tablet yang terkoneksi internet, kamu akan menerima berbagai notifikasi, salah satunya notifikasi chat. Notifikasi-notifikasi tersebut akan membuatmu tidak fokus pada bacaan e-book-mu, malah kamu lebih sibuk melakukan kegiatan lainnya, seperti chatting. Sebaliknya, membaca buku teks akan membuatmu lebih menghayati isi buku tanpa terganggu oleh banyak distraksi seperti notifikasi pada gadget.

Baca juga: 7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupa

2. Sensasi yang lebih menyenangkan
Ketika kamu pertama kali menyentuh buku baru, kamu akan terhanyut dengan tekstur dan aroma kertasnya, serta beragam tulisan yang membuat matamu terpana. Kamu pun akan tergoda untuk membacanya. Hal tersebut tidak akan terjadi pada e-book karena kamu hanya merasakan menyentuh gadget untuk membukanya.

3. Menjaga kualitas tidur
Menurut penelitian Harvard Medical School pada artikel BBC News tahun 2014, membaca buku teks lebih sehat untuk kesehatan mata. Sebab, gadget untuk membaca e-book menghasilkan blue light yang dapat mengurangi kualitas tidur ketika kamu membaca e-book pada malam hari. Kurangnya kualitas tidur dapat menyebabkan kamu mengalami gangguan pada kesehatan fisik dan mentalmu.

4. Tidak perlu alat untuk membaca buku
Kamu bisa langsung membuka buku teks ketika buku tersebut ada pada genggamanmu. Sebaliknya, e-book harus dibuka melalui gadget atau e-book reader dulu baru kamu bisa membacanya.

Baca juga: 5 Hal Ini Menandakan Kamu Punya Fokus dan Konsentrasi yang Rendah

5. Mempunyai pembatas buku yang menarik
Pembatas buku teks terbuat dari beragam jenis kertas dan mempunyai bentuk yang unik dan cantik. Tidak hanya berbentuk persegi panjang, tetapi juga bisa berbagai bentuk, seperti bentuk daun. Keunikan pembatas buku ini dapat menaikkan mood dan keinginanmu untuk membaca. Sebaliknya, e-book hanya bisa ditandai dengan tools pada software e-book reader. Sangat mononton bukan?

6. Sebagai dekorasi ruangan
Buku yang disusun di rak buku dapat dijadikan dekorasi ruangan loh! Semakin unik penyusunan bukunya, maka semakin terasa estetika di ruangannya. Rak buku ini pun dapat dijadikan sudut foto Instagramable di rumahmu.

7. Dapat dijual kembali
Buku teks yang sudah kamu beli dapat kamu jual kembali suatu waktu. Jika kamu telah menyimpan buku selama bertahun-tahun, buku tersebut dapat dilabeli “buku antik”. Nah, harga buku antik dapat melambung tinggi daripada harga sewaktu kamu membelinya pertama kali.

Nah, kamu tidak ragu lagi kan untuk memilih buku teks? Yuk, baca buku untuk menambah wawasanmu! Tapi kalau kamu lebih nyaman membaca e-book, gak jadi masalah kok, semuanya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star