Hastag Campus

5 Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Kamu yang Kuliah Sambil Bekerja

Ketika memiliki dua kesibukan seperti kuliah sambil bekerja, kamu pasti merasa sangat lelah. Tidak hanya itu saja, kamu juga tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat, bercengkerama dengan keluarga, dan bermain dengan teman. Bahkan, untuk mengerjakan tugas kuliah sekali pun rasanya sangat sulit.

Namun, hal tersebut pada dasarnya bisa dihindari jika kamu dapat mengatur waktu dengan baik. Jika tidak mengetahui cara mengatur waktu kuliah dan bekerja yang benar dan baik, coba simak tips di bawah ini.

1. Buat jadwal untuk semua kegiatan
Ketika kamu memiliki banyak kegiatan, maka ada baiknya untuk menulis semua jadwal kegiatanmu tersebut dengan detail. Ini bertujuan agar kamu mengetahui kapan saja kamu memiliki waktu luang, dan ketika sudah ada waktu luang, kamu bisa menggunakannya untuk hal yang lebih bermanfaat.

Baca juga: 5 Benda yang Bisa Kamu Manfaatkan Saat Berlatih IELTS, Yuk Manfaatkan

2. Gunakan waktu luang untuk mengerjakan tugas
Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat memiliki waktu luang adalah mengerjakan tugas-tugas kuliah. Meskipun batas waktu pengumpulannya masih jauh, akan tetapi jika sudah selesai kamu bisa merasa lebih tenang dan tidak kerepotan nantinya.

3. Coba juga untuk mengerjakan tugas di pagi hari
Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk mengerjakan tugasnya di malam hari, bahkan hingga begadang semalaman. Nah, karena paginya kamu harus bekerja, jadi jika kamu benar-benar tidak memiliki waktu luang untuk mengerjakan tugas, cobalah untuk mengerjakannya di pagi hari. Selain otak dan pikiranmu masih segar, belajar di pagi hari juga tidak mengganggu jam istirahat kamu.

Baca juga: 7 Beasiswa Ini Akan Segera Tutup di Bulan April, Segera Daftar!

4. Pilih program kuliah khusus karyawan
Terdapat sebuah program kuliah khusus karyawan, bernama kelas karyawan yang biasanya ditawarkan oleh beberapa kampus. Nah, untuk memudahkan kamu mengatur waktu di antara kuliah dan kerja, kamu bisa mengambil program ini. Meski namanya berbeda, akan tetapi kurikulum yang ditawarkan pada dasarnya sama saja dengan kuliah reguler, lho.

5. Jangan lupa sediakan waktu untuk beristirahat
Meskipun memiliki setumpuk kegiatan, akan tetapi jangan pernah untuk melupakan waktu beristirahat. Sebab, tubuh yang kurang beristirahat akan sangat mudah terkena berbagai penyakit. Maka dari itu, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat setidaknya sesuai dengan anjuran dokter, yakni 7-8 jam.

Kuliah sambil bekerja itu memang sangat melelahkan. Akan tetapi, bukan berarti bahwa hal tersebut tidak mungkin untuk dijalani. Intinya, pintar-pintar lah untuk mengatur waktu!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star