Hastag Campus

8 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak dalam Mengingat dan Berpikir

Seiring bertambahnya umur, maka otak kita pun mulai kehilangan ketajaman pemikirannya sedikit demi sedikit. Ini karena pada dasarnya otak manusia bertugas untuk melakukan ribuan tugas setiap harinya. Nah, untuk menjaga atau meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan berpikir, cobalah lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Membaca
Membaca adalah salah satu cara yang paling umum dan paling ampuh dalam memaksimalkan kinerja otak. Meski demikian, cobalah untuk membaca berbagai jenis variasi buku agar otak kamu bisa mengenal berbagai gaya bahasa dan perspektif.

2. Belajar bahasa baru
Mempelajari bahasa baru saat sudah dewasa ternyata dapat mengembangkan bagian otak yang terkait dengan ingatan dan pemikiran kognitif. Ini terjadi karena otak akan terlatih untuk berpikir kritis meski usia sudah tidak muda lagi.

3. Tidur yang cukup
Ketika kita beristirahat, otak akan mulai untuk membersihkan racun-racun yang berpotensi mengganggu kinerjanya. Sehingga otak akan memperoleh kekuatannya kembali dan menjadi lebih rileks. Kalau sudah begitu, kemampuan otak pun akan lebih meningkat.

Baca juga: 5 Trik Meningkatkan Konsentrasi Belajar Saat Self Quarantine

4. Berhenti melakukan berbagai hal sekaligus (multitasking)
Sering melakukan berbagai hal secara sekaligus atau multitasking ternyata bisa membuat pekerjaan justru menjadi tidak efektif dan menurunkan kemampuan otak untuk fokus. Akhirnya, kamu malah tidak bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan hasil yang memuaskan, deh.

5. Berjemur di bawah sinar matahari
Selain meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata berjemur di bawah sinar matahari juga baik untuk kinerja otak. Ini karena sinar yang diterima dapat memperlancar peredaran darah ke otak dan memberikan vitamin D alami ke dalam tubuh. Namun, perlu diingat bahwa waktu terbaik untuk berjemur di pagi hari haruslah di bawah jam 10 pagi, ya.

6. Olahraga
Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, berolahraga juga bisa meningkatkan kemampuan kinerja otak. Untuk itu, cobalah berolahraga selama 20-30 menit setiap harinya secara rutin.

Baca juga: 5 Cara Belajar Unik Ini Ternyata Efektif untuk Berhasil Hadapi Ujian!

7. Mendengarkan musik Mozart
Hal yang satu ini mungkin sedikit terdengar aneh. Namun, kenyataannya mendengarkan musik-musik Mozart selama 20-30 menit sebelum melakukan aktivitas dapat membantu tubuh menjadi lebih santai. Dengan begitu, otak pun akan bekerja lebih ringan dan stabil.

8. Menggunakan tangan yang berbeda ketika melakukan berbagai hal
Jika kamu memiliki kebiasaan untuk melakukan berbagai kegiatan menggunakan tangan kanan, cobalah untuk mengubah hal tersebut. Misalnya, kalau kamu biasa menyikat gigi menggunakan tangan kanan, maka mulai dari sekarang cobalah menggunakan tangan kiri. Dengan melakukan hal ini, artinya kamu memberikan latihan baru bagi otak sekaligus mengasahnya.

Demikianlah informasi mengenai cara meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan berpikir. Semoga bermanfaat, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star