Hastag Campus

5 Benda yang Bisa Kamu Manfaatkan Saat Berlatih IELTS, Yuk Manfaatkan

Meski biayanya cukup menguras kantong, IELTS (International English Language Testing System) saat ini justru kian populer. Ini karena IELTS diakui oleh banyak universitas dan lembaga internasional, sehingga sering disebut sebagai “tiket” ke luar negeri. Tes IELTS umumnya banyak diambil oleh mereka yang ingin kuliah atau bekerja ke luar negeri.

Sudah merogoh kocek dalam, kamu tentu gak mau dong skor IELTS kamu gak sesuai harapan? Sering berlatih menjadi kunci keberhasilan dalam tes IELTS.

Agar latihan IELTS-mu menjadi mudah dan efektif, berikut ini beberapa benda atau alat bantu yang sebaiknya kamu pakai.

1. Gadget dengan koneksi internet
Saat ini, ada banyak website, channel youtube, hingga aplikasi mengenai materi atau bank soal IELTS yang bisa kamu akses secara cuma-cuma. Gak jarang, berbagai platform tersebut juga menyediakan simulasi tes IELTS. Kamu bisa mengaksesnya melalui gadget, seperti laptop, smartphone, dan tablet.

Kalau menggunakan laptop, kamu juga bisa sekaligus memanfaatkannya untuk memutar CD. Umumnya, berbagai buku mengenai IELTS dilengkapi dengan CD untuk berlatih.

Baca juga: Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Ikut Tes IELTS Tetap Worth It!

2. Cermin
Saat berlatih IELTS di bagian speaking, gak ada salahnya untuk berbicara di depan cermin. Dengan menggunakan cermin, kamu bisa mengevaluasi kemampuan speaking-mu sekaligus memperhatikan ekspresi wajah dan gesture tubuhmu. Berlatih speaking dengan cermin juga bisa membuatmu menjadi lebih percaya diri.

3. Perekam suara
Perekam suara (voice recorder) bisa kamu pakai saat berlatih di bagian speaking. Kamu bisa merekam sesi latihanmu di satu sub-bagian speaking, lalu memutarnya kembali untuk dievaluasi. Kalau mau, kamu bisa menggunakan smartphone-mu untuk merekam suara.

4. Buku atau lembar kertas kosong dan alat tulis
Terutama untuk bagian listening dan reading, kamu bisa berlatih dengan mencoba simulasi tes. Saat ini, gak sulit untuk mencari bank soal IELTS yang disertai kunci jawaban di internet atau buku.

Supaya mudah, kamu bisa menuliskan jawabanmu di buku atau lembar kertas kosong. Setelah selesai mengerjakannya, kamu bisa mencocokkan jawaban yang telah kamu tuliskan di lembar kertas tersebut dengan kunci jawaban yang ada.

Baca juga: 6 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Usai Lulus Kuliah

5. Timer atau alat penghitung waktu
Sama seperti berbagai tes atau ujian pada umumnya, tes IELTS juga dibatasi oleh waktu. Durasi waktu untuk menyelesaikan bagian listening adalah 30 menit, reading 60 menit, writing 60 menit, dan speaking sekitar 11-14 menit.

Karena itu, sangat penting untuk menggunakan timer atau alat penghitung waktu saat kamu berlatih IELTS. Membiasakan diri menggunakan timer ketika berlatih IELTS akan membantumu terbiasa dengan durasi waktu yang sebenarnya saat tes nanti.

Nah, itulah tadi beberapa benda atau alat bantu yang bisa kamu pakai saat berlatih IELTS. Kira-kira, benda mana yang sudah pernah kamu pakai? Apakah kamu punya ide lain mengenai alat bantu yang bisa dimanfaatkan untuk membuat latihan IELTS-mu menjadi lebih mudah dan efektif?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star