Hastag Campus

8 Strategi yang Memudahkanmu Belajar Matematika, Pasti Nanti Suka!

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki haters. Salah satu alasannya karena penyelesaian soalnya yang sangat rumit, menggunakan teknik berlapis-lapis untuk mengerjakannya, serta deretan angka yang sangat banyak.

Meskipun tidak perlu mahir, belajar matematika itu sangat diperlukan. Berikut ini adalah 8 strategi yang memudahkanmu belajar matematika seperti dikutip dari website Go Conqr dan Jagran Josh.

1. Tidak cukup hanya dibaca, namun harus dipraktikkan juga
Matematika itu tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca teori saja. Kunci kesuksesan memahami matematika adalah dengan berlatih sebanyak mungkin. Akan sangat baik jika kamu tidak menunda dan langsung berlatih sesaat setelah kamu membaca teorinya.

Semakin sering berlatih, maka kamu akan tanpa sadar hafal dengan teknik penyelesaiannya. Ini juga menjadi tips supaya kamu tidak belajar terlalu keras ketika ada ujian matematika!

2. Cobalah untuk memahami dan pelajari kesalahanmu ketika menyelesaikan soal!
Ketika kamu menyelesaikan soal matematika, tak jarang kamu akan mendapati kesalahan. Entah kesalahan dalam penggunaan rumus, ketidaktelitian penulisan, dan kesalahan perhitungan.

Cobalah untuk meninjau kesalahan tersebut sehingga kamu akan lebih teliti untuk menyelesaikan soal berikutnya! Kalau perlu, catatlah kesalahanmu dalam sebuah note! Kamu bisa melihat note tersebut untuk menghindari kesalahan yang sama.

Baca juga: 5 Trik Meningkatkan Konsentrasi Belajar Saat Self Quarantine

3. Kuasai konsep dasarnya
Setiap jenjang pendidikan disertai dengan tingkatan soal matematika yang lebih tinggi. Soal matematika saat kamu SD dan SMA pasti akan sangat berbeda.

Namun satu hal yang perlu kamu tahu, dasarnya tidak akan pernah berubah. Itulah sebabnya, mengapa banyak orang menyarankan untuk memahami konsep dasarnya.

Contohnya adalah 2+2 adalah 4. Ini adalah dasar penambahan. Nantinya, soal penambahan akan semakin meningkat, seperti menggunakan pangkat dan sebagainya. Jangan terburu-buru melupakan dasar-dasar yang kamu pelajari di kelas sebelumnya!

4. Mencatat rumus dan formula dalam buku
Meski otak memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengingat banyak hal, tidak ada salahnya kamu mencatat rumus matematika dalam buku. Kalau perlu, kamu bisa membagi buku menjadi beberapa bagian seperti rumus dasar, aljabar dan sebagainya.

Kamu juga boleh membuat laman khusus untuk rumus gabungan atau spesial. Ini juga akan memudahkanmu untuk belajar atau mengerjakan soal matematika.

5. Mulailah dari soal yang sederhana
Jangan berapi-api untuk mengerjakan soal yang sulit ketika kamu merasa sudah memahami teorinya dengan baik. Ketika kamu mengerjakan soal yang sulit namun gagal menyelesaikan, ini hanya akan membuatmu berkecil hati.

Akan lebih baik lagi, jika kamu menyelesaikan soal-soal yang sederhana terlebih dahulu. Bertanyalah atau cocokan dengan kunci jawaban di buku teksmu!

Jangan hanya hasil akhir jawabannya, namun kamu perlu melihat apakah teknik pengerjaanmu juga telah sesuai. Setelah beberapa kali mengerjakan soal yang sederhana, kamu boleh menantang dirimu untuk mengerjakan soal yang sulit.

Baca juga: 6 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Usai Lulus Kuliah

6. Menerapkan matematika ke dalam kehidupan sehari-hari
Kamu akan lebih mudah memahami matematika jika menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan ini disebut dengan aritmatika sosial. Contohnya adalah bagaimana cara menentukan produk yang paling menguntungkan di antara dua produk yang promo.

Kamu juga bisa menerapkannya dengan menghitung diskon ataupun cashback. Belajar matematika menjadi lebih mudah dan terasa nyata!

7. Cobalah untuk memahami matematika dengan lebih dalam!
Ini yang mungkin dilewatkan banyak orang. Ketika belajar matematika, kamu perlu memahami derivasi. Derivasi ini merupakan pemahaman lebih dalam, seperti mengapa rumus untuk menghitung kecepatan seperti itu atau mengapa rumus segitiga siku-siku harus seperti itu.

Jadi, kamu tidak hanya sekedar menghafalkan rumus dan menggantinya dengan angka. Ilmu matematika yang kamu dapatkan juga menjadi lebih dalam dan luas!

8. Belajar di lingkungan yang bebas gangguan dan bersabar!
Kamu mungkin memerlukan waktu dan lingkungan yang tidak banyak gangguan ketika belajar matematika. Pasalnya, dalam mengerjakan soal matematika, memang diperlukan konsentrasi yang tinggi.

Akan tetapi, hal yang terpenting adalah kesabaran. Jangan mudah menyerah jika menemukan soal yang rumit. Kesabaranmu akan terbayarkan kala kamu berhasil menyelesaikannya!

Nah, sekarang matematika bisa terasa semudah pelajaran lainnya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star