Hastag Campus

5 Trik Meningkatkan Konsentrasi Belajar Saat Self Quarantine

Saat belajar di rumah dalam rangka self quarantine seperti sekarang, pasti ada saja deh hal yang mengalihkan perhatianmu. Alhasil, fokus dan konsentrasi pada materi yang harus dipelajari malah jadi buyar, deh. Nah, agar tetap konsentrasi saat belajar di rumah, coba lakukan 5 hal di bawah ini!

1. Pelajari dari hal-hal yang paling mudah terlebih dahulu
Trik pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengerjakan atau mempelajari materi yang mudah dan kamu sukai terlebih dahulu. Beban pelajaran yang kamu pikul pun akan menjadi lebih ringan. Dengan begitu, otak kamu akan tetap mampu untuk berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas atau pelajaran yang berat.

Baca juga: 5 Kerugian Akibat Tidak Meningkatkan Soft Skill di Masa Muda

2. Istirahat yang cukup
Salah satu kunci untuk mempertahankan konsentrasi adalah dengan cukup beristirahat. Ini karena konsentrasi saat belajar juga membutuhkan energi yang cukup besar. Jadi, hindari begadang agar badan tidak terasa lelah dan mengantuk, ya!

3. Buat suasana belajar menjadi nyaman
Agar konsentrasi kamu terfokus hanya untuk belajar, cobalah untuk mencari posisi belajar yang membuat dirimu nyaman. Selain itu, jauhkan juga berbagai macam hal yang tidak berhubungan dengan pelajaran, seperti gawai, matikan televisi, dan hal lainnya.

Baca juga: Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Ikut Tes IELTS Tetap Worth It!

4. Coba metode belajar Pomodoro
Untuk mencapai target belajar, kamu juga bisa menerapkan metode Pomodoro. Hal ini bertujuan untuk memberikan batas waktu untuk belajar sehingga kamu tidak terlalu santai dan tidak terlalu berat juga dalam belajar.

Caranya, kamu boleh belajar selama 15-30 menit, kemudian istirahat selama 3-5 menit. Ulangi hal tersebut berulang kali hingga semua materi pelajaran sudah selesai dikerjakan atau dipelajari.

5. Berikan reward pada diri sendiri ketika berhasil memenuhi target belajar
Memberikan motivasi dalam bentuk reward ketika sudah mencapai target belajar juga bisa menambah konsentrasi untuk belajar, lho. Reward-nya pun tidak harus hal yang mewah dan rumit, seperti menonton satu episode serial film favorit, atau memanjakan diri dengan melakukan perawatan. Dengan begitu, kamu pasti akan jadi lebih semangat untuk konsentrasi menyelesaikan pelajaran agar bisa mendapatkan reward tersebut.

Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya agar kamu tetap konsentrasi selama belajar dalam masa self quarantine? Jadi, jangan hanya malas-malasan saja, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star