Hastag Campus

5 Tips Sederhana untuk Lebih Mudah Memahami Suatu Pelajaran

Beberapa orang mungkin memiliki kemampuan lebih mudah memahami suatu hal. Tetapi, tak sedikit pula orang yang cukup kesulitan ketika berusaha memahami suatu pelajaran.

Sejujurnya tanpa kita sadari, untuk bisa memahami pelajaran caranya tidak begitu sulit dan semua orang pasti bisa melakukannya. Hal utamanya ialah tekad dan niat. Namun, ini lima tips sederhana untuk lebih mudah memahami suatu pelajaran.

1. Tingkatkan fokus dan perhatianmu
Hal utama yang harus kamu lakukan untuk bisa memahami suatu pelajaran ialah dengan meningkatkan fokus. Buang semua hal yang bersemayam di dalam pikiranmu, abaikan semua orang lalu tunjukkan perhatianmu hanya pada pelajaran yang sedang berlangsung.

Baca juga: Buat Para Mahasiswa dan Pelajar, Terapkan 7 Tips Belajar Cerdas Ini

2. Kurangi bicara dan perbanyak mendengar
Pepatah mengatakan, “Tong kosong nyaring bunyinya.”

Jadi jika kamu ingin mudah memahami suatu pelajaran, kurangi bicara. Sebab hal tersebut membuat pikiranmu terbagi, antara berbicara dan memperhatikan. Sedangkan memperbanyak mendengar bisa membuatmu jauh lebih fokus pada apa yang sedang dibahas.

3. Tingkatkan rasa ingin tahumu
Dibandingkan dengan orang sok tahu segalanya, lebih baik dianggap bodoh dengan banyak bertanya. Anak muda zaman sekarang menyebutnya kepo atau selalu penasaran.

Nah, tingkatkan rasa keingintahuanmu ketika sedang belajar. Tanyakan apa saja yang ingin kamu tanyakan agar wawasanmu bertambah. Entah bertanya kepada seorang guru, orangtua, kakak atau adik, teman, bahkan tanyakan kepada Google. Cari sampai kamu menemukan jawabannya.

Baca juga: Mau Sukses Belajar IELTS Secara Mandiri? 6 Hal Ini Wajib Kamu Punya!

4. Gunakan otakmu untuk berpikir lebih keras
Beberapa anak di sekolah kadang lebih memilih untuk menyontek ketika ujian atau saat diberi tugas harian sekalipun kepada temannya. Tahukah kamu? Justru hal itulah yang membuatmu sulit memahami pelajaran.

Otak itu seperti sebuah mesin. Jika kamu gunakan dan kamu asah, maka otakmu akan bekerja dengan baik. Dan sebaliknya, jika kamu tak jarang menggunakan dan mengasahnya, otak akan berkarat dan tidak bisa bekerja lagi.

5. Percayalah pada kemampuan diri
Jangan bandingkan dirimu dengan orang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi, karena itu tidak ada gunanya. Percaya saja pada kemampuanmu, kamu pasti juga bisa melakukannya kok! Jadikan kesuksesan orang lain sebagai inspirasi serta motivasi untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki.

Nah itulah lima tips sederhana agar kamu bisa lebih mudah memahami suatu pelajaran. Terapkan dan tetap semangat ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star