Hastag Campus

7 Alasan Pekerjaan Sampingan Sangat Penting untuk Semua Orang

Hampir semua orang pasti ingin sekali mendapatkan pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan pemasukan tambahan. Karena bertambahnya kebutuhan dan masih merasa kurang dengan penghasilan setiap bulan, menjadikan banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Meskipun penghasilan kamu sudah cukup untuk biaya setiap bulan. Bukan berarti kamu tidak membutuhkan pekerjaan sampingan lho. Karena pekerjaan sampingan ini mempunyai segudang manfaat penting yang bisa kamu dan semua orang dapatkan.

1. Semakin banyak sumber penghasilan, maka semakin besar juga peluang kamu untuk menabung dan berinvestasi
Jika gaji dari pekerjaan utama kamu hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari. Maka saatnya untuk mencari pekerjaan tambahan untuk ditabung atau bisa juga kamu jadikan sebagai modal untuk investasi.

Di saat kamu mendapatkan penghasilan dari pekerjaan tambahan. Maka hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah untuk menabung dan berinvestasi. Karena dengan melakukan hal ini, kamu akan semakin dekat dengan kemandirian finansial.

Baca juga: 5 Rekomendasi Beasiswa ke Luar Negeri yang Diadakan Tahun 2020

2. Memanfaatkan waktu senggang kamu agar lebih produktif lagi
Setelah pulang kerja atau di saat akhir pekan. Kamu pasti mempunyai waktu luang yang cukup dan seharusnya bisa kamu gunakan dengan cara yang lebih produktif lagi. Misalnya dengan menggunakan waktu tersebut dengan mendapatkan penghasialn tambahan. Namun, pekerjaan tambahan ini pun, harus merupakan pekerjaan yang kamu sukai. Sehingga kamu tidak akan merasa terbebani dan tidak akan merasa terlalu kelelahan.

3. Secara tidak langsung, mengajarkan untuk bisa mengatur waktu dengan baik
Percaya atau tidak, menyibukkan diri dengan pekerjaan dan tugas lainnya. Secara tidak langsung mengajarkan kamu untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Berbeda di saat kamu mempunyai waktu kosong yang banyak dan bingung akan menggunakan waktu kosong tersebut untuk digunakan apa.

Karena kegiatan kamu cukup padat setiap harinya. Maka kamu akan selalu membuat jadwal kegiatan dan tidak akan membuang waktu berharga kamu secara sia-sia. Kalaupun kamu mempunyai waktu kosong. Kamu pasti akan menggunakan waktu tersebut dengan hal yang lebih bermanfaat atau mengistirahatkan tubuh. Intinya, tidak ada waktu yang terbuang secara sia-sia.

Baca juga: 5 Kebiasaan Setiap Hari yang Bisa Merusak Otak, Sudah Tahu?

4. Kamu akan mendapatkan pengalaman dan kemampuan yang lebih luas
Sudah menjadi rahasia umum kalau mempunyai pekerjaan sampingan, tentu akan membuat pengalaman dan kemampuan pun semakin banyak. Beberapa di antaranya, kamu akan lebih mampu membagi waktu dengan cara yang baik, pengalaman kamu pun akan lebih luas dan banyak, karena luasnya jaringan atau networking.

Apalagi, jika pekerjaan sampingan yang kamu ambil cukup bertolak belakang dengan pekerjaan utama kamu. Pasti pengetahuan dan wawasan kamu akan semakin luas. Peluang untuk bisa bertemu dan menjalin kerja sama dengan banyak orang pun, akan semakin besar.

5. Bisa menutupi pengeluaran-pengeluaran tambahan yang tidak disangka-sangka
Setiap bulan kamu selalu mempunyai pengeluaran-pengeluaran tidak terduga? Hal ini sudah menjadi kebiasaan dan hal yang sangat sering dialami oleh banyak orang. Makanya untuk menutupi pengeluaran-pengeluaran tidak terduga tersebut, kamu harus mempunyai tambahan penghasilan. Kamu tidak akan kebingungan lagi saat ada pengeluaran-pengeluaran tambahan yang tidak terduga, jika sudah mempunyai pekerjaan tambahan.

6. Mampu menghadapi kenyataan masa depan yang belum diketahui
Masa depan siapa yang tahu sih. Mungkin saja beberapa bulan ke depan kamu tidak akan bekerja lagi di tempat sekarang ini. Makanya cara untuk mengantisipasi kejadian tersebut adalah dengan cara mempunyai pekerjaan tambahan.

Meskipun kamu berhenti bekerja di perusahan tempat kerja kamu sekarang, kamu tidak akan kebingungan dengan biaya hidup setiap harinya. Meskipun mungkin, pendapatannya tidak sebanding dengan pekerjaan utama kamu. Tetapi jelas sangat bisa membantu kamu dalam hal keuangan.

7. Menyalurkan ide-ide segar yang sulit disalurkan ditempat kerja utama kamu
Apakah kamu mempunyai ide atau hobi yang belum bisa disalurkan di tempat kerja kamu sekarang? Jika iya, saatnya untuk mencari pekerjaan tambahan yang bisa menyalurkan ide kamu tersebut. Apalagi kalau pekerjaan tambahan ini merupakan hobi atau hal yang kamu sukai. Pasti kamu akan merasakan kepuasan yang luar biasa.

Mempunyai pekerjaan tambahan adalah solusi terbaik untuk beberapa hal. Yuk, cari pekerjaan tambahan dari sekarang.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star