Hastag Campus

5 Hal yang Bikin Opinimu Semakin Berkualitas, Millennial Wajib Tahu!

Setiap orang bila ditanya tentang pendapat atau pandangannya terhadap suatu hal atau masalah, tentunya punya jawaban yang berbeda-beda meski ada yang hampir sama. Nah, pendapat atau pandangan tersebut sering kita sebut sebagai opini.

Perlu diketahui, bahwa pada dasarnya opini memang berbeda dengan fakta. Tapi, bukan berarti kita bisa mengeluarkan opini secara sembarangan, ya. Kualitas dari opini yang kita lontarkan sebaiknya perlu diperhatikan dengan saksama. Oleh karena itu, coba deh ketahui 5 hal yang bikin opinimu semakin berkualitas. Yuk, kita simak!

1. Rajin membaca dari sumber-sumber yang terpercaya
Untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia, khususnya bagi generasi millennial saat ini, aktivitas membaca seharusnya menjadi aktivitas wajib yang tidak boleh dilupakan. Dengan membaca, kita akan membuka jendela informasi dan pengetahuan yang lebih luas lagi.

Hanya saja, satu hal penting yang perlu diperhatikan sekaligus diwaspadai adalah kebenaran dan keakuratan dari informasi serta pengetahuan yang disampaikan. Sebab, maraknya hoaks atau berita bohong sering membuat kekacauan dan kegaduhan. Jadi, rajin-rajinlah membaca dari sumber-sumber yang terpercaya, ya!

Baca juga: Please, Jangan Jadi Mahasiswa Abadi! Motivasilah Dirimu Sama 5 Hal ini

2. Sering belajar dan berkonsultasi pada ahlinya
Opini yang didukung oleh pendapat orang-orang yang memang pakar atau ahli di bidangnya akan membuat opini yang kamu sampaikan semakin berkualitas. Oleh karena itu, bila ada kesempatan atau peluang datang, jangan pernah disia-siakan ya. Caranya bagaimana?

Ya, tentu saja dengan cara rajin belajar atau berkonsultasi pada ahlinya. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih jelas dan mendalam tentang hal-hal yang perlu kamu ketahui atau hal-hal yang sebelumnya kurang kamu pahami.

3. Jangan buru-buru membantah opini orang lain, terima saja dulu dan kemudian saringlah sesuai kebutuhanmu
Yang namanya opini, tentu saja sifatnya sangat subjektif bagi masing-masing orang. Sehingga, opini setiap orang pun bisa berbeda-beda bahkan mungkin sangat jauh berbeda dengan opinimu sendiri. Kalau sudah seperti itu, apa yang harus dilakukan?

Kamu tidak harus membantah atau menolaknya mentah-mentah, lho. Cobalah untuk menerimanya saja dulu, perbedaan opini itu pada dasarnya memang sah-sah saja. Yang terpenting, kamu harus bisa memilah atau menyaring mana yang menurutmu baik, tepat dan sesuai denganmu.

Intinya sih, kita semua harus bisa saling menghargai ya, termasuk opini orang lain yang belum tentu sama.

Baca juga: Biar Makin Efektif, Ini 5 Trik Belajar bagi Si Auditory Learner

4. Opini akan semakin berkualitas bila didukung dengan sikap yang berkualitas
Sekalipun isi dari opini yang hendak disampaikan memiliki kualitas yang tinggi, namun bila disampaikan dengan sikap yang tidak berkualitas, apa jadinya ya? Nah, hal seperti inilah yang sekiranya perlu diperhatikan agar tidak menjadi kesalahpahaman.

Maksud dari sikap yang tidak berkualitas adalah sikap-sikap yang ditunjukkan kurang baik dan membuat orang lain tidak nyaman. Misalnya saja sikap sombong, tentu orang lain yang mendengar opini tersebut akan merasa semakin malas berbicara atau menyampaikan opininya juga. Jadi, yuk hindari sikap-sikap yang tidak berkualitas ini, ya!

5. Biasakan diri untuk berani mengemukakan opini dengan cara yang baik dan tepat
Sebagus apa pun opini yang ingin kamu sampaikan, jika kamu hanya menyimpannya dalam hati dan tidak diutarakan, maka tidak akan ada seorang pun yang tahu opinimu.

Oleh karena itu, membiasakan diri dengan berani mengemukakan opini adalah langkah dasar yang perlu dilakukan. Yang terpenting, jangan lupa untuk menyampaikan opini tersebut dengan cara yang baik dan tepat. Setuju?

Jadi, itulah kelima hal penting yang bisa bikin opinimu semakin berkualitas. Semoga bermanfaat untukmu, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star