Hastag Campus

7 Tips Jitu Mengerjakan Ujian IELTS, Demi Skor yang Maksimal

IELTS (International English Language Testing System) adalah sebuah tes kemampuan bahasa inggris yang biasanya dilakukan oleh institusi di negara Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Tes ini biasanya menilai kemampuan membaca, berbicara, juga menulis kamu. Agar mendapatkan skor yang maksimal, berikut 7 tips jitu mengerjakan soal ujian IELTS. Check this out!

1. Baca pertanyaan dan instruksi dengan teliti
Sangat penting bagi kamu untuk benar-benar memahami apa yang diinstruksikan sebelum menjawab pertanyaan. Karena, dalam banyak kasus sikap gak teliti ini turut memengaruhi hasil skor akhir kamu.

Demi mendapatkan poin yang maksimal, biasakan untuk selalu membaca instruksi dan pertanyaan dengan hati-hati dalam setiap section ya!

Baca juga: 7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliah

2. Jangan menghabiskan waktu terlalu lama mencoba menjawab satu pertanyaan
Kamu harus membuat strategi saat mengerjakan soal ujian. Salah satu kiatnya adalah dengan gak terpaku menjawab satu pertanyaan ketika kamu kesulitan. Hal ini penting banget lho mengingat waktu ujian yang terbatas.

3. Pada sesi membaca, jangan paksakan diri untuk membaca setiap kata. Belajar untuk skimming
Apabila kamu membaca keseluruhan teks, waktu yang dikeluarkan akan lebih banyak. Karena itu pada ujian IELTS lebih baik untuk menerapkan teknik skimming, atau teknik membaca cepat dengan memerhatikan poin-poin bacaan saja.

Temukan informasi spesifik yang dibutuhkan yang biasanya tersedia di pertanyaan, lalu coba cari kata tersebut di dalam teks.

4. Saat kamu kesulitan menjawab suatu pertanyaan, bersikap rendah hati dan coba untuk jawab pertanyaan selanjutnya saja
Ambisius boleh, tapi saat ujian seperti ini coba deh bersikap lebih realistis! Satu pertanyaan yang sulit gak seharusnya mengganjal keseluruhan ujianmu ya. Move on saat menemukan pertanyaan yang terlalu sulit bagimu.

5. Gak perlu panik kalau kamu gak mengerti subjek yang dibahas oleh teks!
Kebanyakan teks ujian itu melingkupi overview atau kesimpulan informasi dari teks. Hal ini penting banget buat kamu baca dan pahami. Jadi, balik lagi nih ke poin satu coba baca dan pahami instruksinya baik-baik! Biasanya jawaban pertanyaannya sudah pasti tersedia di dalam teks kok.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat, Gak Melulu Belajar!

6. Gak usah merasa minder saat kamu menemukan kata, frasa, atau idiom yang gak kamu pahami. Jadikan itu pembelajaran
Gak usah minder ketika kamu menemukan kata-kata yang asing dan gak pernah kamu dengar sebelumnya. Belajar Bahasa Inggris itu gak instan, dan membutuhkan pembiasaan. Jangan jatuh pada asumsi bahwa kamu gak cukup pintar untuk memahami itu.

Konsentrasilah pada ujian yang harus kamu selesaikan. Jadikan ini sebagai pembelajaran agar bisa berbahasa Inggris dengan lebih baik ke depannya.

7. Periksa lagi kertas jawabanmu, kalau masih ada sisa waktu ujian
Poin terakhir ini gak kalah penting! Saat masih ada waktu yang tersisa, coba deh periksa ulang jawabanmu. Ini bisa menjadi strategi agar kamu mendapatkan skor akhir yang maksimal. Reviewing and practicing is a great deal!

Itu dia 7 tips ampuh mengerjakan ujian IELTS! Selamat belajar, semoga mendapat skor yang maksimal ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star