Hastag Campus

5 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat, Gak Melulu Belajar!

Nama Hungaria mungkin kurang familier di telingamu. Negara ini mungkin juga gak sepopuler Amerika Serikat, Australia, Inggris, Belanda, Jerman, atau negara lain yang sering kali menjadi negara tujuan orang Indonesia untuk menuntut ilmu.

Negara yang termasuk bagian dari Eropa Tengah ini memang terkenal dengan keindahan kotanya. Bahkan, Hungaria kerap menjadi destinasi wisata favorit di kalangan wisatawan internasional yang berkunjung ke Eropa.

Selain terkenal dalam sektor wisata, ternyata Hungaria juga menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk mahasiswa internasional. Berikut ini beberapa alasan kenapa Hungaria harus kamu pertimbangkan sebagai negara tujuan kuliahmu.

1. Kualitas dan reputasi pendidikan yang baik
Berbagai universitas di Hungaria punya reputasi dan ranking yang baik. Komite Akreditasi Hungaria bertugas menjamin kualitas serta mengevaluasi program pendidikan dan penelitian yang diselenggarakan semua institusi pendidikan tinggi di negara itu. Universitas-universitas di Hungaria menganut aturan Bologna Process, dimana pihak universitas hanya bisa memberikan gelar S1, S2, atau S3 kalau persyaratannya sudah terpenuhi dengan standar tertentu.

Karena itulah, ijazah yang dikeluarkan berbagai institusi pendidikan di Hungaria diakui dan diterima di dunia. Beberapa universitas bergengsi di Hungaria, antara lain University of Semmelweis, Eotvos Lorand University, Central European University, University of Debrecen, dan Corvinus University of Budapest.

2. Banyak pilihan program studi yang ditawarkan
Berbagai universitas di Hungaria menawarkan program studi atau disiplin ilmu yang beragam, di antaranya Agricultural Science, Computer Science and Information Technology, Legal Science, Economic Science, Medical, Dentistry, and Health Science, Arts and Humanities, Arts Education, Engineering Science, Social Science, Teacher Training, Sport Science, Natural Science, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu tinggal pilih program studi yang sesuai dengan minat dan background pendidikanmu.

Baca juga: 5 Alasan Ujian Open Book Tak Lantas Bikin Nilaimu Bagus

3. Biaya kuliah terjangkau
Biaya studi di Hungaria cukup bervariasi tergantung pada program studi dan institusi yang kamu tuju. Tapi dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, biaya kuliah (tuition fee) di Hungaria jauh lebih terjangkau. Untuk mendapatkan info rinci dan akurat mengenai biaya kuliah, kamu bisa langsung mengunjungi website resmi universitas tujuanmu.

4. Biaya hidup juga murah
Biaya hidup di Hungaria bisa dikatakan relatif murah, apalagi kalau dibandingkan dengan biaya hidup di negara lain di Eropa barat. Akomodasi, listrik, air, dan transportasi lokal di Budapest, ibukota Hungaria, umumnya menghabiskan sekitar 520 Euro per bulan dan makan sekitar 100-200 Euro per bulan.

Pengeluaran untuk keperluan sehari-hari tersebut masih bisa kamu tekan, misalnya dengan masak sendiri. Bahkan, biaya tersebut bisa lebih rendah kalau kamu tinggal di luar Budapest.

5. Bahasa pengantar Inggris untuk mata kuliah
Selain bahasa Hungaria, saat ini sudah banyak program studi di Hungaria yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Jadi, kamu gak perlu khawatir harus belajar bahasa baru. Supaya lebih yakin, kamu bisa mengecek bahasa pengantar setiap program studi di website resmi universitas tujuanmu.

Walau program studimu diajarkan dalam bahasa Inggris, banyak universitas di Hungaria yang menawarkan kursus atau mata kuliah bahasa Hungaria. Ini akan berguna untuk memudahkan komunikasi dengan warga lokal di luar kampus.

6. Banyak pelajar internasional
Hungaria berkomitmen untuk menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi. Karena itulah, berbagai universitas di Hungaria sangat membuka peluang dan menyambut mahasiswa internasional untuk belajar di sana. Berbagai kesempatan pendidikan bisa diikuti oleh mahasiswa dari berbagai belahan dunia, seperti kuliah S1, S2, S3, post-doctoral, pertukaran pelajar, hingga summer school.

Kamu tentu bisa memanfaatkan ini sebagai ajang untuk menjalin relasi dengan mahasiswa-mahasiswa internasional tersebut. Asyik banget kan punya banyak teman dari berbagai negara? Wawasanmu seputar budaya dan kabar internasional pun bisa bertambah.

Baca juga: 5 Cara Cerdas Sukses dengan Gadget Di Usia 20-an bagi Fresh Graduate

7. Tersedia banyak beasiswa
Kamu mungkin berpikir harus dapat beasiswa untuk bisa kuliah ke luar negeri. Kalau kamu berminat studi ke Hungaria, jangan cemas karena ada beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu coba. Beasiswa-beasiswa tersebut misalnya Stipendium Hungaricum (pemerintah Hungaria), Erasmus+, beasiswa kampus Central European University (CEU), dan Hungarian Studies/Hungarológia Program.

8. Punya banyak kota dengan pemandangan indah
Hungaria punya banyak kota dengan arsitektur menawan dan dihiasi oleh berbagai bangunan historis, seperti Parliament House, St Stephen’s Basilica, Fisherman’s Bastion, Buda Castle, Chain Bridge, dan Liberty Bridge. Budapest, ibukota negara ini, bahkan dijuluki sebagai mutiara terindah di Eropa Tengah.

Di luar jam kuliah atau ketika libur, tentu kamu bisa menikmati semua keindahan panorama tersebut untuk mencari pengalaman baru atau sekadar melepas penat.

9. Akses mudah ke negara Eropa lainnya
Hungaria termasuk salah satu negara Schengen, sehingga kamu bisa bepergian ke berbagai negara lain di Eropa yang juga anggota Schengen tanpa harus mengurus visa. Hungaria juga sering disebut sebagai “The heart of Europe” karena letak geografis di tengah-tengah benua Eropa. Tentu, posisi tersebut akan memudahkanmu untuk bepergian ke negara Eropa lain, baik untuk traveling atau ikut summer school dan konferensi ke negara lain.

10. Negara ini tergolong aman
Jauh dari orangtua dan kerabat, kamu tentu mau belajar di negara yang aman, bukan? Secara umum, Hungaria memiliki tingkat kriminalitas yang tergolong rendah. Dalam kehidupan sehari-hari, jarang dijumpai tindakan kriminalitas seperti jambret, copet, pencurian kendaraan bermotor, dan sejenisnya.

Meski negara ini relatif aman, kamu harus tetap waspada ketika berada di tempat umum. Kamu harus tetap berhati-hati saat berada di stasiun kereta, area turis yang ramai, serta di dalam kendaraan umum yang ramai.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kuliah di Hungaria juga mengasyikkan. Jadi, apa kamu tertarik untuk melanjutkan studi disana?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star