Hastag Campus

7 Jurusan Kuliah Ini Memiliki Prospek Kerja Sebagai Penyiar Berita!

Pekerjaan sebagai penyiar berita umumnya sangat identik dengan jurusan ilmu komunikasi dan broadcasting. Padahal, sebenarnya lulusan dari jurusan apa pun berkesempatan untuk menjadi penyiar berita, bahkan prodi yang tidak ada hubungannya dengan lini pemberitaan sekalipun. Nah, berikut ini beberapa jurusan yang bisa mendukung kamu untuk menjadi seorang penyiar berita.

1. Ilmu komunikasi
Selain mempelajari tentang cara berkomunikasi dan bertukar pesan secara efektif, prodi ilmu komunikasi juga membahas berbagai bentuk komunikasi, termasuk komunikasi masa, yakni televisi. Oleh karena itu, dengan mengambil jurusan ini, kamu bisa mendapatkan pengetahuan mengenai media massa dan media baru, public speaking, dan kemampuan lainnya yang dibutuhkan jika kamu ingin bekerja sebagai penyiar berita.

Baca juga: Menjerumuskan, Ini 5 Pola Pikir yang Salah tentang Dunia Perkuliahan

2. Jurnalistik
Sebelum bisa menjadi penyiar berita, biasanya kamu harus menjadi reporter di lapangan terlebih dahulu. Artinya, pemahaman dan penguasaan ilmu jurnalistik sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang penyiar berita.

3. Broadcasting
Sesuai dengan namanya, studi broadcasting atau penyiaran merupakan salah satu jurusan yang bisa menjadikan kamu seorang penyiar berita. Ini karena jurusan ini mempelajari tentang dunia siaran, baik televisi maupun radio, dengan konsep pemberitaan maupun non berita.

4. Ilmu hukum
Latar belakang pengetahuan hukum ternyata dapat membantu seseorang menjadi lebih peka dan mengerti saat ada berita yang bersinggungan dengan hukum. Dengan kata lain, ini bisa mendukung kamu untuk menjadi seorang penyiar berita, apalagi yang berhubungan dengan politik dan hukum. Buktinya, Najwa Shihab adalah salah satu sosok penyiar berita yang memiliki latar belakang ilmu hukum.

5. Sastra
Lulusan sastra pada dasarnya memiliki kemampuan bahasa yang baik dalam segi berbicara ataupun menulis. Mereka juga memiliki pengetahuan mengenai budaya dan masyarakat yang dapat membantu mereka untuk terjun ke dunia jurnalistik. Dengan kemampuan tersebut, tentu sangat mudah bagi lulusan sastra untuk menjadi seorang penyiar berita, bukan?

Baca juga: 6 Masalah Mendasar yang Pasti Dialami oleh Semua Mahasiswa

6. Hubungan internasional
Kemampuan bahasa asing serta pengetahuan mengenai isu dan kebijakan internasional yang dikuasai oleh anak jurusan Hubungan Internasional juga bisa menjadi modal untuk menjalani profesi sebagai penyiar berita. Jadi, meskipun tidak ada kaitannya dengan media atau pemberitaan, jurusan Hubungan Internasional juga bisa memiliki peluang untuk menekuni pekerjaan penyiar berita.

7. Ilmu politik
Beberapa pemberitaan yang ada pasti memiliki kaitan erat dengan dunia politik. Untuk itu, prodi ilmu politik juga bisa menjadi salah satu jurusan yang bisa kamu ambil untuk menekuni pekerjaan sebagai penyiar berita.

Selain beberapa jurusan di atas, masih banyak lho jurusan lain yang juga memiliki prospek kerja sebagai penyiar berita. Jadi, pada dasarnya, pekerjaan itu tidak tergantung dengan jurusan kuliah kamu, kok.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star