Hastag Campus

5 Manfaat yang Akan Kamu Rasakan Saat Salah Masuk Jurusan Kuliah

Ketika kamu salah masuk jurusan, pasti kamu akan merasa kurang termotivasi untuk belajar, bahkan kesulitan untuk mengikuti pelajaran yang diberikan oleh dosen. Akan tetapi, perlu kamu tahu bahwa salah masuk jurusan bukan akhir dari dunia. Sebab, ada beberapa keuntungan yang justru bisa kamu dapatkan ketika salah masuk jurusan. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Belajar untuk menyukai sesuatu yang tidak disukai
Ketika kamu berhasil lulus meskipun salah jurusan kuliah, itu artinya kamu sudah terlatih untuk melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai. Pengalaman tersebut tentu bermanfaat sebagai latihan kamu untuk menjadi pribadi yang lebih profesional. Sebab, saat masuk ke dunia kerja, kamu pun akan sering bertemu dengan hal-hal yang tidak kamu sukai.

Baca juga: 5 Tips Kembalikan Semangat Saat Jenuh Kuliah, Ayo Biar Cepat Lulus!

2. Menambah ilmu pengetahuan
Meskipun kamu salah jurusan, akan tetapi ilmu yang kamu dapat selama masa kuliah bisa menjadi bermanfaat bagimu suatu hari nanti, lho. Ini karena ilmu pengetahuan tidak ada yang pernah sia-sia. Sehingga, wawasan kamu bisa menjadi lebih luas karena memiliki pengetahuan dari berbagai bidang ilmu.

3. Memiliki pilihan pekerjaan yang beragam
Mungkin kamu merasa jika salah masuk jurusan akibat pelajarannya tidak sesuai dengan passion kamu. Namun, perlu kamu tahu, ketika sudah lulus kuliah, kamu justru memiliki pilihan pekerjaan yang beragam, yaitu pekerjaan yang sesuai dengan passion dan jurusan kamu. Nah, dengan begitu, kamu jadi bisa bekerja di berbagai bidang pekerjaan, kan?

Baca juga: 5 Hal yang Menandakan Bahwa Kamu Sudah Tepat Memilih Jurusan Kuliah

4. Memiliki keterampilan khusus
Ketika kamu salah masuk jurusan, tidak hanya ilmu baru saja yang akan kamu dapatkan, tetapi juga keterampilan khusus yang kamu pelajari di jurusan tersebut. Keterampilan itu pastinya akan bermanfaat untukmu baik dalam kegiatan sehari-hari maupun di dunia kerja. Jadi sangat menguntungkan, bukan?

5. Belajar untuk lebih bertanggung jawab
Tetap melanjutkan kuliah meskipun kamu tahu bahwa jurusan tersebut tidak sesuai dengan dirimu adalah tanda bahwa kamu sedang belajar untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Meski tidak mudah, akan tetapi ketika kamu terbiasa dengan hal tersebut, kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi di dunia kerja.

Pasalnya, kalau kamu sanggup mengembang tanggung jawab seperti itu, maka pekerjaan yang mungkin tidak kamu sukai pun bisa kamu selesaikan dengan mudah tanpa ada perasaan terbebani.

Itu dia beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika salah masuk jurusan. Jadi, bisa dibilang bahwa salah jurusan bukan akhir dari segalanya, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star