Hastag Campus

5 Tips Kembalikan Semangat Saat Jenuh Kuliah, Ayo Biar Cepat Lulus!

Mahasiswa terkadang banyak disibukkan dengan berbagai tugas dan kegiatan yang padat. Maka, tak heran kalau terkadang timbul rasa jenuh dan lelah dalam menjalani perkuliahan. Perlahan kejenuhan yang dibiarkan terus-menerus akan berdampak buruk dalam kegiatan kuliahmu. Mulai dari mengeluh, bosan, putus asa hingga bersikap malas-malasan menjalani kuliah.

So, hilangnya semangat kuliah karena kejenuhan tak boleh jika terus dibiarkan. Lakukanlah lima cara berikut ini agar bisa mengembalikan semangatmu lagi.

1. Pikirkan kembali perjuanganmu demi bisa duduk di bangku perkuliahan
Memang sedikit dramatis, namun sejenak flashback kisah perjuanganmu sampai bisa duduk di bangku perkuliahan sudah selayaknya dilakukan. So, kamu bisa sedikit menekan egomu yang mulai jenuh dan bosan untuk kuliah.

Ingatlah, betapa berat dan sulitnya dulu kamu bersaing, mengikuti seleksi dan berusaha dari awal sampai akhirnya kamu bisa berada di jurusan kuliah yang kamu inginkan. Tentu bukan perjuangan yang mudah kan? Nah, untuk itu kamu harus menghargai perjuanganmu dulu agar bisa lebih bersyukur dengan keadaan yang telah kamu peroleh.

Baca juga: Menjerumuskan, Ini 5 Pola Pikir yang Salah tentang Dunia Perkuliahan

2. Lihatlah semangat orang-orang yang sedang menanti kesuksesanmu
Tujuan kuliah adalah sebagai salah satu jalan yang membantumu dalam mencapai kesuksesan. Ketika kamu mulai merasa berat dan jenuh dengan kuliah, maka tataplah wajah orang-orang yang menaruh harapan besar padamu. Terutama kepada orang tua dan orang-orang yang membantumu dalam memenuhi kebutuhan perkuliahanmu.

Hargailah usaha mereka dengan memberikan penghargaan terbaik atas jerih payahmu selama berkuliah. Jalani perkuliahan semaksimal mungkin agar kelak ketika kamu sudah menjadi seorang wisudawan, maka kamu bisa menghadiahkan pencapaian terbaikmu pada mereka.

3. Lakukan aktivitas bermanfaat untuk mengalihkan perhatianmu
Ketika kamu jenuh berkuliah, coba sejenak memberi jeda dari kesibukanmu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Pastikan juga aktivitas yang kamu lakukan ada manfaatnya, minimal paling tidak untuk menyegarkan kembali pikiranmu.

Jangan terlalu memaksa dirimu pada saat kamu merasa benar-benar sulit jika melanjutkan tugas atau kewajiban kuliahmu. Cukup sisihkan sedikit waktu, ambil jeda dan tenangkan kembali dirimu. So, nantinya kamu bisa semangat kembali dalam melanjutkan perkuliahanmu.

Baca juga: 5 Cara Belajar Matematika yang Benar, Dijamin Langsung Paham!

4. Ingat kembali motivasi awal yang jadi tujuanmu berkuliah
Sejak awal masuk dunia perkuliahan, tentunya setiap orang memiliki alasan yang melatarbelakanginya. Tidak mungkin seseorang mau datang dan pergi begitu saja ke kampus tanpa adanya tujuan tertentu. Mulai dari tujuan ingin melanjutkan karier, mencari ilmu atau mungkin dipaksa orang tua. Setidaknya berkuliah punya proses yang baik dalam mencapai tujuanmu.

Tak ada yang sia-sia dalam menjalani perkuliahan, meski apapun itu alasan yang melatar belakangimu ingin kuliah. Tujuan awalmu adalah tujuan akhir yang jadi tanggung jawabmu. Jadi, jika dari awal kamu sudah memutuskan untuk berkuliah maka kamu juga harus putuskan untuk bisa menyelesaikannya.

5. Bayangkan kelak dirimu akan memakai toga dan dipanggil sebagai seorang wisudawan terbaik
Cara terakhir memang sedikit aneh, namun tak salah jika ingin melakukannya. Membayangkan dirimu segera wisuda bisa menjadi motivasi yang menguatkan semangatmu agar bisa bersungguh-sungguh dalam berkuliah. Mungkin kamu bisa saja jenuh, tapi yakinlah bahwa kejenuhanmu akan terbayarkan dengan hasil terbaik jika kamu sabar menjalaninya.

Terus motivasi pada dirimu bahwa kamu bisa dan harus bisa melewati masa-masa jenuhmu dengan tidak merugikan perkuliahanmu. Karena pada akhirnya kamu memang tak akan selamanya kuliah di kampus. Jadi, semua tergantung padamu ingin cepat atau lambat dalam menyelesaikan kuliah.

Nah, itulah tadi lima tips dalam mengatasi kejenuhan saat berkuliah. Semoga bisa membantumu ya. Yuk, semangat lagi kuliahnya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star