Hastag Campus

Menjerumuskan, Ini 5 Pola Pikir yang Salah tentang Dunia Perkuliahan

Kuliah seringkali dianggap sebagai hal yang menyenangkan. Apalagi saat kita masih sekolah, pasti ingin cepat lulus agar bisa menjalani dunia perkuliahan. Namun, untuk orang yang sudah menjalani kuliah hal ini tentunya salah. Kuliah bukan hal yang dijalani untuk main-main.

Kesempatan terakhir untuk mendapatkan karier yang cemerlang adalah saat kuliah. Dunia perkuliahan harus dijalani dengan motivasi yang penuh agar kamu tidak salah langkah nantinya. Jika ingin sukses dalam kuliah, mari hilangkan lima pemikiran yang salah seperti di bawah ini supaya kamu bisa meraih cita-citamu setinggi mungkin.

1. Masuk hanya demi absensi
Banyak mahasiswa yang tidak mementingkan ilmu tapi hanya memenuhi absensi saja. Hal ini percuma, untuk apa kamu mengumpulkan niat sebanyak mungkin jika tidak mendapatkan ilmu. Sia-sia saja kamu ada di dalam kelas tapi tidak dapat fokus dengan materi yang diajarkan dosen.

Baca juga: Tidak Selalu Negatif, Ini 5 Keuntungan Menjadi Mahasiswa ‘Kupu-kupu’

2. Menganggap kuliah lebih santai
Saat masih sekolah beberapa orang berpikir kuliah lebih santai. Hanya masuk beberapa hari dalam seminggu dan dengan waktu yang lebih singkat membuat orang ingin cepat menyelesaikan sekolah dan menuju bangku perkuliahan. Namun di balik itu semua, ada tugas yang menumpuk dan tidak dapat diselesaikan dalam waktu sehari saja.

3. Belajar saat ujian saja sudah cukup
Jika kamu menerapkan sistem kebut semalam dalam belajar tentu kamu akan merasa berat. Bahan ujian yang diberikan dosen bukan hanya satu atau dua materi saja. Banyak materi yang harus kamu pahami. Tentunya, untuk memahami materi yang cukup banyak waktu sehari membuat kamu tidak maksimal.

Baca juga: Pikirkan 6 Hal Ini untuk Resolusi Akhir Tahun dalam Pendidikanmu!

4. Kuliah hanya mengejar IPK tinggi
Buat kamu yang masih kuliah dan hanya mengejar IPK yang tinggi, sebaiknya ubahlah pola pikir tersebut. Ini akan membuat kamu tidak menikmati masa kuliahmu dengan baik. Kamu hanya terfokus dengan nilai tinggi dan tidak mengembangkan soft skill yang kamu punya.

5. Meski nilai jelek, yang penting program kerja organisasi tetap lancar
Jika kamu memutuskan untuk berorganisasi pastikan kuliahmu tidak akan terganggu. Pertahankan nilaimu agar tetap stabil meskipun berorganisasi. Jangan karena kamu ada di dalam organisasi, kuliahmu menjadi terganggu. Harus seimbang antara progam kerja organisasi dengan proses belajar di kampus.

Beberapa pemikiran yang salah tentang dunia kuliah harus kamu buang sebelum terlambat. Jika kamu tetap menjalani kuliah dengan mindset yang salah, ini akan membuat kamu susah untuk maju.

Jalani setiap proses yang ada saat kuliah dengan usaha yang maksimal. Hindari pemikiran yang salah agar bisa mendapatkan pelajaran penting dari proses yang kamu jalani selama kuliah.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star