Hastag Campus

6 Masalah Mendasar yang Pasti Dialami oleh Semua Mahasiswa

Masalah tentu hadir dalam setiap sisi kehidupan, seperti kehidupan mahasiswa contohnya. Kehidupan mahasiswa adalah tahap yang menjembatani antara membangun kemandirian dan melepas jiwa kanak-kanak seseorang. Menjadi mahasiswa berarti menjadi seorang yang dianggap layak untuk bisa bertahan dalam kondisi apapun.

Layaknya kehidupan pada umumnya, mahasiswa tentu punya segudang masalah yang menerpa. Di bawah ini ada beberapa masalah yang pastinya dirasakan oleh seluruh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikannya di manapun. Simak yuk.

1. Jauh dari orangtua dan kondisi keuangan menipis
Masalah yang paling sering dialami dan kadang begitu menyakitkan. Banyak mahasiswa, terutama yang merantau merasakan home sick karena jauh dari rumah dan orangtua yang menyebabkan kuliah menjadi tidak fokus. Biasanya hal tersebut terjadi ketika awal-awal masa kuliah.

Masalah berikutnya selain jauh dari orangtua yaitu kondisi keuangan yang kadang tidak teratur membuat akhir bulan hanya bisa bercengkrama dengan telur dan mi instan.

2. Tugas menumpuk hingga dikejar deadline
Masalah klise yang selalu digaungkan oleh para mahasiswa adalah tugas dan deadline yang menumpuk.

Tentunya masa kuliah dan masa ketika SMP atau SMA sangat berbeda. Dituntut mandiri dan menyelesaikan segala sesuatu dengan kemampuan sendiri adalah kegiatan yang kadang membuat otak mahasiswa pusing.

Tugas-tugas yang kadang tidak pernah berhenti mengalir dan kemampuan manajemen waktu yang kurang baik membuat tugas menumpuk dan dikejar-kejar deadline.

3. Nilai IP dan IPK tidak sesuai harapan
Ini adalah masalah yang kadang sulit dicari jalan keluarnya dan harus dengan kesungguhan hati memecahkan masalah satu ini.

Siapa yang tidak mau di setiap semester nilai IP dan IPK selalu baik? Ketika situasi tersebut berbalik, kadang menjadi problem yang bisa menyurutkan semangat kuliah. Kunci sebenarnya adalah kamu harus terus belajar dan sabar. Tidak ada perjuangan yang instan.

4. Masalah di organisasi
Jika kamu mahasiswa yang sangat suka berorganisasi, masalah ini pasti pernah kamu rasakan. Masalah yang terjadi di organisasi akhirnya merembet ke kehidupan perkuliahanmu. Semisal waktu berorganisasimu ternyata lebih banyak menyerap waktu kuliah dan banyaknya kegiatan organisasi yang membuatmu tidak fokus berkuliah.

Sebenarnya hal tersebut dapat diatasi dengan pandai-pandainya dirimu mengatur waktu.

5. Percintaan
Masalah percintaan kadang menjadi masalah yang membuat seorang mahasiswa berpikir rumit. Kehidupan percintaan yang sedang tidak baik dengan kekasih berujung pada penurunan semangat berkuliah. Bahkan akibat masalah cinta, banyak mahasiswa yang menjadi tertutup untuk bersosialisasi.

Masalah ini mungkin hanya dirasakan segelintir orang yang terlalu kaku dalam memandang cinta. Mereka yang seperti itu tidak tahu bagaimana perasaan seorang mahasiswa yang sampai sekarang masih jomblo bahagia.

6. Ditanya kapan lulus
Ujaran-ujaran seperti ini biasanya dilontarkan oleh orangtua ataupun keluarga yang sudah tidak sabar kita lulus sebagai mahasiswa. Memang bertanya tidak salah, mahasiswa mana yang tidak Ingin lulus dengan cepat. Namun jangan terlalu dibuat pusing ya. Hal yang terpenting adalah kamu harus menjaga semangatmu untuk lulus.

Jadi, masalah mana nih yang sering menghampirimu?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star