Hastag Campus

5 Cara Memilih Pekerjaan Saat Diterima oleh Lebih dari Satu Perusahaan

Ada kalanya pencari kerja beruntung karena memiliki kemampuan atau pengalaman yang sesuai dengan perusahaan impiannya. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan kalau seseorang diterima lebih dari satu perusahaan. Inilah momen yang harus dipikirkan secara matang agar tidak salah langkah.

Kamu pasti akan bimbang jika dihadapkan dengan pilihan seperti itu. Cobalah cara-cara memilih pekerjaan saat diterima oleh lebih dari satu perusahaan berikut!

1. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan passion. Ini akan membuatmu bekerja dengan hati dan hasilnya pun maksimal
Ikuti kata hati dan tanya diri sendiri, apakah ada pekerjaan yang kamu sukai dari perusahaan tersebut. Jika iya, jangan sungkan menerimanya. Terlebih jika di perusahaan tersebut, ada hal yang dapat dikerjakan dalam jangka panjang. Jangan sampai saat sudah menerima pekerjaan di perusahaan itu, kamu mudah bosan dan ingin resign.

Baca juga: 5 Tips Menerapkan Belajar Berkelanjutan Agar Kamu Tetap Kompetitif

2. Perhatikanlah setiap tantangan pada perusahaan dan posisinya. Keduanya akan mempengaruhi kariermu di masa depan
Pekerjaan yang memiliki tantangan, dipercaya dapat meningkatkan kecintaan terhadap pekerjaan. Kamu akan dituntut untuk menyelesaikan setiap pekerjaan semaksimal mungkin. Pengetahuan dan pengalaman yang didapat darinya, akan jadi bekal untuk menghadapi tantangan lain di masa depan.

3. Kamu juga bisa mengutamakan perusahaan yang sudah diincar dan diketahui seluk beluknya
Saat mencari pekerjaan, biasanya seseorang sudah memiliki perusahaan incaran. Ketika diterima lebih dari satu perusahaan, sebaiknya utamakan perusahaan tersebut. Rasa bangga pasti akan didapat sehingga bekerja pun lebih semangat.

Jika kamu menginginkan perusahaan itu, pasti kamu juga sudah mencari tahu tentang lingkungan pekerjaannya. Dengan begitu, kamu lebih mudah beradaptasi dan menyiapkan diri memasuki dunia pekerjaan di kantor baru.

Baca juga: Gak Usah Takut! Terapkan 7 Tips Sebelum Menghadapi Ujian Matematika

4. Pertimbangkan pula tentang networking yang dapat mendukung pekerjaanmu di perusahaan tersebut
Kamu harus mempertimbangkan, apakah perusahaan tersebut dapat memberikan jaringan yang luas untukmu. Memperluas jaringan pertemanan dan profesional sangat penting untuk mengembangkan karier. Sebuah proyek yang besar tidak mungkin dikerjakan sendiri. Karena itu, jejaring profesional tersebut dibutuhkan.

5. Yang terakhir, tidak ada salahnya jika kamu membandingkan penghasilan dari perusahaan-perusahaan tersebut
Ketika dihadapkan dengan lebih dari satu pilihan pekerjaan, pertanyaan yang biasanya muncul adalah perkara gaji. Menjadikannya prioritas utama dalam memilih pekerjaan, memang tidak salah. Toh, kebutuhan dan kondisi hidup setiap orang berbeda-beda. Namun, perhatikan pula hal lainnya ya!

Gaji yang besar belum tentu memberikan kenyamanan di kantor tersebut. Gaji yang kecil belum tentu juga membuatmu menderita. Selama kamu merasakan daya upayamu seimbang dengan gaji dan fasilitas yang didapat, itu tidak masalah. Jika tidak, kamu masih bisa bernegosiasi soal gaji sebelum benar-benar memilih pekerjaan.

Kamu sedang galau memilih pekerjaan? Yuk, laksanakan cara memilih pekerjaan saat diterima oleh lebih dari satu perusahaan di atas!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star