Hastag Campus

7 Kebiasaan Buruk Mahasiswa yang Harus Kamu Hindari agar Cepat Lulus!

Terdapat beberapa alasan yang membuat seorang mahasiswa terlambat lulus. Salah satunya adalah memiliki kebiasaan buruk dan tidak segera mengatasinya. Nah, jika kamu tidak ingin seperti itu, hindari beberapa kebiasaan buruk yang biasa dilakukan mahasiswa berikut ini.

1. Sering begadang
Kebiasaan begadang ini merupakan college life yang rasanya tidak bisa dihindari begitu saja. Entah karena kamu sibuk dengan segala jadwal kuliah yang ada, organisasi, tugas, atau hal lainnya. Namun, sebenarnya begadang bisa kok diatasi secara bertahap dengan manajemen waktu yang baik. Salah satunya adalah dengan tidak menunda pekerjaan atau tugas kuliah.

Baca juga: 5 Hal yang Menandakan Bahwa Kamu Sudah Tepat Memilih Jurusan Kuliah

2. Malas mengerjakan tugas
Alih-alih mencicil tugas, kamu pasti lebih memilih asik bermain gawai atau pergi keluar bersama teman, kan? Hal ini jelas bisa berdampak buruk bagi nilai kamu di bangku kuliah. Sebab, tidak segera menuntaskan tugas justru bisa membuatnya semakin menumpuk. Alhasil, kamu jadi semakin malas untuk mengerjakannya, deh.

3. Bangun kesiangan
Kebiasaan yang satu ini adalah wujud dari sikap tidak disiplin terhadap waktu. Akibatnya, kamu bisa terlambat masuk kelas sehingga daftar hadir menjadi berantakan. Tidak hanya itu, hal tersebut juga bisa berdampak pada penilaian dosen terhadap dirimu, lho. Jadi, jangan sampai bangun kesiangan, ya!

4. Kerap titip absen
Titip absen rasanya sudah menjadi budaya yang melekat dan sulit dihindari bagi mahasiswa. Padahal, kalau kamu terus-terusan melakukan kebiasaan buruk ini, kamu bisa tidak lulus mata kuliah tertentu dan harus mengulang di semester depan. Kamu gak mau seperti itu, kan?

Baca juga: Bersiaplah! 6 Beasiswa di Asia yang Akan Segera Tutup di Bulan Maret

5. Belajar dengan metode SKS
Kebiasaan yang satu ini merupakan akar dari permasalahan bangun siang dan begadang yang kerap dilakukan oleh beberapa mahasiswa. Jika kamu salah seorang yang menerapkan metode ini lebih baik segera hentikan mulai dari sekarang. Sebab, melakukan hal ini hanya akan berakibat buruk bagi kesehatan, dan juga masa depanmu.

6. Terlalu sibuk dengan organisasi kampus
Dalam dunia kampus, kamu berhak memutuskan hal apa yang terbaik untuk menunjang kehidupanmu di masa depan. Baik itu memilih organisasi, ikut lomba, ikut seminar, atau hal lainnya. Namun, jangan sampai kamu hanyut dalam hal tersebut dan melupakan kewajiban utamamu, yakni belajar di bangku kuliah.

7. Mengikuti arus pertemanan yang tidak baik
Saat kamu memasuki dunia perkuliahan, maka di sana kamu akan bertemu dengan teman-teman baru dari lingkungan sosial dan budaya yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu membuat batasan dalam pergaulan pertemanan yang kamu akan jalani. Jangan sampai kamu ikut arus pertemanan yang tidak baik.

Dari beberapa poin di atas, mana nih kebiasaan buruk yang masih sering kamu lakukan? Yuk, mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Jangan sampai kamu menyesalinya, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star