Hastag Campus

5 Kebiasaan Salah yang Kerap Dilakukan Saat Belajar, Segera Hentikan!

Sebagai seorang pelajar, tentu pekerjaan utama yang harus dilakukan adalah belajar. Namun faktanya, terdapat beberapa metode belajar yang salah, dan justru bisa berdampak buruk pada masa depan. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Belajar dengan metode menghafal
Ketika kamu menghafal sesuatu, belum tentu kamu bisa menghafal hal tersebut dalam jangka waktu yang panjang atau selamanya, kan? Nah, inilah kekurangan dari belajar dengan menggunakan metode menghafal. Kamu bisa menghafal, dan melupakannya begitu saja tanpa benar-benar paham materi yang kamu hafalkan tersebut.

Akibatnya, setelah lulus nanti kamu tidak akan mengerti dan tidak memiliki kemampuan apa pun yang bisa diunggulkan deh. Jadi, mulai dari sekarang sebaiknya berhenti menggunakan metode belajar ini, ya!

Baca juga: 8 Cara Saat Berargumen Ini Siratkan kalau Kamu Orang yang Cerdas

2. Belajar dengan metode screening
Metode screening merupakan metode belajar di mana kamu hanya membaca hal-hal yang ada di buku secara cepat. Bahkan, tidak jarang apa yang kamu baca tersebut hanya sesuatu hal yang kamu rasa penting sehingga hal lainnya tidak kamu baca. Padahal, belum tentu apa yang kamu tangkap dalam bacaan tersebut merupakan materi yang akan keluar dalam ujian atau hal yang memang penting.

3. Belajar hanya kalau ada ujian saja
Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh pelajar saat ini adalah sudah merasa paham dengan materi yang sudah dipelajarinya di bangku sekolah. Mereka merasa malas untuk belajar kembali, terutama menjelang ujian.

Akibatnya, H-1 ulangan kamu baru deh mulai membaca materi ulang dan belajar. Padahal, satu hari bukanlah waktu yang cukup untuk mengulangi seluruh materi yang dipelajari selama stau semester atau 6 bulan, kan?

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Membuatmu Jadi Mahasiswa Abadi

4. Tidak ingin mencoba untuk mengembangkan materi
Tidak mengembangkan materi pelajaran yang kamu ketahui ternyata bisa memberikan kerugian, seperti hanya memiliki ilmu yang sedikit, dan tidak memiliki pemahaman yang luas terhadap materi yang berkaitan. Oleh karena itu, mulailah untuk mempelajari sesuatu secara lebih mendalam, ya!

5. Belajar dengan metode SKS (Sitem Kebut Semalam)
SKS atau sistem kebut semalam merupakan merupakan metode belajar secara singkat hanya dalam satu malam saja. Sayangnya, metode belajar dengan cara begadang ini justru bisa membuat konsentrasi kamu dalam belajar menjadi tidak fokus. Selain itu, metode ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama saluran pencernaan dan produksi hormon dalam otak.

Nah, sekarang sudah tahu kan kebiasaan belajar apa saja yang salah. Oleh karena itu, yuk hentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star