Hastag Campus

5 Cara Belajar Matematika yang Benar, Dijamin Langsung Paham!

Beberapa orang menganggap bahwa matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat sulit untuk dimengerti. Namun, bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh cara belajar yang salah. Untuk itu, coba 5 cara belajar matematika yang benar berikut ini.

1. Ubah mindsetmu, yakini bahwa matematika itu menyenangkan
Kalau kamu masih berpikiran bahwa matematika merupakan ilmu yang susah banget dipahami dan tidak menyenangkan, maka sebaiknya segera hilangkan pikiran tersebut. Sebab, pemikiran seperti itu bisa membuat sugesti pada diri sehingga kamu benar-benar tidak bisa mengerjakan soal matematika. Oleh karena itu, yuk ubah mindset kamu!

Baca juga: 5 Tahap Culture Shock yang Bisa Kamu Alami Saat Kuliah di Luar Negeri

2. Menulis rumus dengan rapi dan menarik
Agar kamu lebih tertarik dan merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan, cara yang satu ini patut kamu coba. Sebab, menuliskan rumus dengan rapi dan menarik dapat membuat kamu lebih mudah memahaminya. Gak percaya? Coba saja.

3. Tidak menghafal rumus, namun memahami konsep dari rumus yang ada
Hal yang satu ini sering banget dilakukan oleh setiap pelajar. Padahal, menghafal rumus merupakan cara yang salah dalam mempelajari matematika. Pasalnya, kamu gak bisa selalu mengingatnya, apalagi dalam jangka waktu yang panjang.

Namun berbeda jika kamu memahami sebuah rumus berdasarkan konsepnya. Sebab, dengan begitu kamu akan lebih mudah mengerti dan akan otomatis menghafal sistematika rumus yang ada. Jadi, soal matematika yang sulit pun pasti bisa kamu kerjakan, deh.

Baca juga: Bersiaplah! 6 Beasiswa di Asia yang Akan Segera Tutup di Bulan Maret

4. Mengerjakan latihan soal bersama dengan teman yang jago matematika
Mengerjakan tugas bersama teman bisa menjadi cara alternatif untuk membuat kesan menyenangkan dalam mempelajari matematika. Sebab, ketika kamu kurang memahami soal yang ada, kamu bisa langsung bertanya pada teman-temanmu. Lagi pula, lebih nyaman belajar dengan teman sebaya, bukan?

5. Aktif bertanya saat kelas matematika berlangsung
Namanya belajar, pasti ada saatnya kamu merasa bingung, kan? Oleh karena itu, jangan takut bertanya jika kamu tidak mengerti dengan materi yang sedang dibahas.

Itulah beberapa cara belajar matematika yang benar. Yuk, coba lakukan agar pelajaran matematika terasa lebih menyenangkan dan mudah dipahami!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star