Hastag Campus

7 Hal yang Bisa Membuatmu Jadi Mahasiswa Abadi

Mahasiswa abadi, sebutan yang fenomenal ini marak digunakan untuk mereka yang “betah” banget di kampus, alias nggak lulus-lulus. Mahasiswa abadi ini tak jarang juga berakhir pilu dengan Drop Out karena biasanya kampus menentukan batas maksimal untuk masa studi bagi tiap-tiap mahasiswanya.

Pastinya kalian nggak mau dong sampai jadi Mahasiswa Abadi, apalagi ditambah kata Drop Out. Nah untuk itu kali ini bakalan beri tahu kalian mengenai 10 hal yang bisa bikin kamu jadi mahasiswa abadi, simak yang berikut ini ya

1. Terlalu Aktif Ikut Organisasi
Organisasi memang sangat sulit untuk terlepas dari kehidupan mahasiswa, baik organisasi dalam kampus atau organisasi luar kampus. Bukan menyalahkan organisasi, karena memang tujuan setiap organisasi adalah baik. Tetapi, kebanyakan mahasiswa yang terlalu aktif dalam kehidupan berorganisasi akan terseok-seok dalam menjalankan kegiatan perkuliahan. Untuk itu, dalam berorganisasi sebaiknya mahasiswa dapat mengatur waktunya dengan baik, sehingga kegiatan organisasi tidak akan mencampuri kegiatan perkuliahan.

Baca juga: Meski Beda Jurusan, 5 Kemampuan Ini Sama-sama Dimiliki Anak IPA & IPS

2. Terlalu Sibuk Berbisnis
Berbisnis memang bukanlah hal yang buruk, terlebih lagi pada mahasiswa yang memang membutuhkan uang lebih untuk kegiatan kuliahnya. Banyak sekali peluang bisnis yang bisa diambil oleh mahasiswa, mulai jasa cetak, jualan makanan, sampai jadi makelar rumah atau mobil. Akan tetapi, bisnis pada mahasiswa ibarat pedang, jika mahasiswa tidak bisa menggunakannya dengan baik, maka itu bisa melukainya. Oleh karena itu, perlu sekali membagi waktu antara kegiatan kuliah dan berbisnis.

3. Terlalu Sering Nongkrong
Nongkrong adalah pelampiasan yang sering digunakan oleh mahasiswa, terlebih lagi ketika mahasiswa sedang menghadapi banyak tugas yang membingungkan otak. Karena nongkrong ini kegiatan yang menyenangkan sekaligus nyaman dilakukan, kebanyakan mahasiswa terlena akan “godan” ini, mereka malah menggunakan nongkrong sebagai kegiatan rutin yang harus dilakukan, padahal tugas perkuliahan sedang mengantre untuk diselesaikan. Oleh sebab itu, sebaiknya para mahasiswa harus bijak dalam menggunakan hal ini, sekali-kali hal ini boleh dilakukan tetapi tidak untuk rutinitas.

4. Hubungan Asmara yang Berlebihan
Mahasiswa memang sedang ada pada tahap dewasa awal dalam perkembangannya. Oleh karena itu, tidak bisa disalahkan apabila gejolak asmara mulai bergejolak hebat dalam hati para mahasiswa. Banyak sekali mahasiswa yang menjalin hubungan dengan lawan jenisnya, baik satu kampus, satu fakultas, atau berbeda kampus. Hal ini dipandang sebagai hal yang biasa pada kacamata mahasiswa, akan tetapi, hubungan asmara yang berlebihan akan dapat mengurangi fokus mahasiswa dalam menjalani setiap aktivitas perkuliahannya karena memang harus membagi fokusnya pada hal yang lain, yaitu pacarnya. Alangkah baiknya apabila mahasiswa dapat mengatur diri mereka untuk menjaga hubungan asmaranya agar tidak berlebihan dan dapat tetap fokus pada perkuliahannya.

Baca juga: Hindari Revisi, 5 Poin Ini Harus Diperhatikan dalam Menulis Skripsi!

5. Terlalu Sering Bolos
Malas bangun, malas mandi, malas baca buku, malas presntasi, malas ketemu dosen, akhirnya bolos deh. Inilah hal yang rawan bagi mahasiswa, karena kemalasan yang terlalu kuat, maka bolos adalah pilihan tepat untuk mengobati kemalasannya. Padahal nilai presensi atau kehadiran juga memengaruhi perkuliahan loh, jadi jangan sekali kali bolos ya

6. Sering Menghindari Tugas
Lagi-lagi hal yang rawan dialami mahasiswa, banyaknya tugas yang diberikan dalam perkuliahan terkadang membuat mahasiswa jenuh dan memilih untuk menghindarinya. Padahal hal tersebut adalah hal yang berdampak sangat buruk pada perkuliahannya. Alangkah baiknya jika mahasiswa menyikapi tugas sebagai hal yang positif sehingga dalam mengerjakan tugas dapat menjadi hal yang menyenangkan, dan predikat mahasiswa abadi bisa dihindari.

7. Bermasalah Dengan Dosen
Ini yang sangat-sangat perlu kalian hindari. Bermasalah dengan dosen bukan hanya akan menjadi masalah sesaat, tetapi bisa juga memengaruhi perkuliahanmu sampai jelang skripsi. Bisa saja hanya dengan masalah kecil, meskipun nilaimu baik, presensimu baik, tetapi kamu akan dipersulit. Alangkah baiknya jika berbaik kepada dosen, terlebih lagi berbaik hati kepada orang lain kan juga dapat pahala.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa bikin kamu jadi mahasiswa abadi. Jadi, jangan sekali-kali ngelakuin hal tersebut ya, selalu ingat orangtua dan mereka yang ingin melihatmu diwisuda.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star