Hastag Campus

Meski Beda Jurusan, 5 Kemampuan Ini Sama-sama Dimiliki Anak IPA & IPS

Mulai dari dulu sampai sekarang rasanya banyak banget orang yang membedakan antara IPA dan IPS. Padahal, meskipun jelas berbeda, akan tetapi anak IPA dan IPS memiliki beberapa kemampuan yang sama lho. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Berbahasa asing
Kemampuan pertama ini jelas dimiliki oleh anak IPA maupun IPS. Sebab, kedua jurusan tersebut menuntut para pelajarnya untuk dapat menguasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Jadi, meskipun ada pelajaran yang berbeda, kedua jurusan tersebut masih memiliki mata pelajaran yang sama, bukan?

Baca juga: Mau Diterima Beasiswa? Ini Hal Dasar yang Harus Kamu Punya!

2. Berhitung
Nah, untuk kemampuan yang satu, beberapa orang sering kali mengatakan jika anak IPA lebih jago berhitung daripada anak IPS. Namun, kenyataannya anak IPS juga memiliki kemampuan berhitung yang gak kalah hebat. Hanya saja terdapat perbedaan objek yang dihitung sehingga menyebabkan pelajaran matematika anak IPA dan IPS sedikit berbeda.

3. Menganalisa suatu masalah
Kalau kemampuan ini biasanya sering dianggap lebih dikuasai oleh anak IPS. Sebab, dengan segala hal yang ada di dalam kehidupan sosial menjadikan anak IPS lebih terbiasa menganalisa suatu permasalahan. Namun sama seperti kemampuan berhitung, objek yang dianalisa oleh anak IPA dan IPS sangatlah berbeda.

Anak IPA diwajibkan menganalisa permasalahan dalam hal fisika, kimia, dan biologi. Sedangkan, anak IPS diwajibkan menganalisa permasalahan yang timbul di masyarakat. Jadi walaupun berbeda objek, anak IPA dan IPS sama-sama memiliki kemampuan untuk menganalisa yang baik.

Baca juga: 5 Hal Ini Sering Disepelekan Para Pemburu Beasiswa, Pantas Saja Gagal!

4. Berkomunikasi dengan baik
Baik anak IPA maupun IPS pada dasarnya sama-sama memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Ini karena semua jurusan di sekolah pasti mengajarkan cara berkomunikasi yang baik dan benar. Oleh karena itu, kemampuan yang satu ini pasti dimiliki kedua jurusan tersebut.

5. Menghafal
Anak IPA dan IPS pasti sama-sama memiliki kemampuan yang satu ini. Sebab, mereka diwajibkan untuk menghafal rumus-rumus yang terkait dengan pelajaran mereka masing-masing. Jika anak IPA harus menghafal di pelajaran biologi, fisika, kimia, dan matematika, maka anak IPS harus menghafal di pelajaran ekonomi, geografi, dan matematika.

Meskipun berbeda jurusan, akan tetapi sebenarnya kalian memiliki beberapa kemampuan yang sama lho. Jadi, jangan menganggap jika kalian itu lebih baik dari jurusan yang lain ya. Sebab, kalian sama-sama memiliki keunggulan di bidang tertentu, bahkan memiliki kemampuan dasar yang sama.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star