Hastag Campus

9 Tips Bikin Kamu Lebih Fasih dan Percaya Diri Bicara Bahasa Inggris

Sudah belajar Bahasa Inggris bertahun-tahun tapi masih belum fasih dan percaya diri buat berbicara dalam Bahasa Inggris? Jangankan ngomong sama native speaker, sama teman sendiri saja rasanya masih malu.

Hmm, kalau kamu menghadapi situasi tersebut tapi masih memiliki semangat untuk terus meningkatkan skill Bahasa Inggris kamu, terutama speaking skill, cobain deh beberapa tips berikut. Jika kamu rutin melakukannya setiap hari, dijamin dalam sebulan kamu bisa lebih fluent dan confident bicara Bahasa Inggris. Mau coba?

1. Sering-seringlah bicara sama diri kamu sendiri
Jika kamu masih malu bicara dengan orang lain, kamu bisa mulai dengan bicara pada diri kamu sendiri. Kamu bisa bicara di depan cermin atau merekamnya menjadi sebuah video.

2. Perbanyaklah mendengarkan audio berbahasa Inggris dari native speakers
Kamu bisa mendengarkan lewat YouTube channel, podcast, aplikasi musik, dan platform lain. Cara ini akan melatih listening skill kamu.

3. Sering membaca tulisan berbahasa Inggris dan bacalah tulisan itu dengan suara keras
Selain melatih kemampuan reading, membaca dengan suara keras bisa melatih lidah kamu mengucapkan banyak kosakata Bahasa Inggris yang barangkali jarang kamu ucapkan.

Kalau kamu ragu gimana pronunciation yang tepat, kamu bisa gunakan audio Google Translate untuk mengetahui pengucapan yang benar.

Baca juga: Berfaedah Banget, 5 Alasan Kamu Harus Menguasai Bahasa Inggris

4. Kamu harus sering nonton English movies atau TV shows tanpa memakai subtitles
Di dalam movies atau TV shows biasanya akan sering menggunakan idiom dan bahasa percakapan informal. Semakin sering kamu mendengarkan, telingamu bakal makin terlatih mendengar kosakata tersebut.

Salah satu hal yang bikin kamu gak pede ngomong Bahasa Inggris adalah kamu takut kalimatmu atau grammar yang kamu gunakan salah. Benar, gak? Sebaiknya segera hilangkan ketakutan tersebut.

Mulailah berbicara tanpa takut membuat kesalahan karena salah itu wajar. Namanya juga belajar, kan? Kamu harus paksa diri kamu untuk mengatakan apa pun yang kamu ingin katakan. Bicaralah secara spontan meski intonasimu masih pelan.

6. Jangan pernah membandingkan skill Bahasa Inggris kamu dengan orang lain
Membanding-bandingkan hanya akan bikin kamu minder. Sebaliknya, kamu harus menjadikan orang yang kamu anggap memiliki kemampuan Bahasa Inggris tersebut sebagai motivasimu untuk lebih percaya diri berbicara Bahasa Inggris.

7. Jangan pernah meminta maaf atas Bahasa Inggris-mu yang masih belum fasih
Mengatakan “sorry for my English” justru akan bikin kamu terlihat lemah dan tampak gak percaya diri. Belajar Bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang bisa bikin orang tersinggung atau marah. Jadi, kamu gak perlu meminta maaf karenanya. Berhentilah meminta maaf atas Bahasa Inggris-mu yang masih belum fasih.

Baca juga: Bukan karena Malas, Ini 5 Alasan Mahasiswa Kerap Lulus Tak Tepat Waktu

8. Carilah orang asing yang sama-sama ingin belajar bicara Bahasa Inggris
Kamu bisa menemukan mereka di English community atau English challenge. Orang asing ini bisa orang dari Indonesia atau dari luar negeri yang merupakan orang yang gak kamu kenal sebelumnya. Kamu bisa menyapanya, lalu ajak mereka berkenalan.

Beranikan diri untuk menanyakan padanya apakah mau menjadi partner berlatih bicara Bahasa Inggris-mu. Jika dia mau, kamu bisa sama-sama belajar dengannya. Pasti seru belajar bareng dengan teman baru yang sama-sama ingin meningkatkan skill bicara Bahasa Inggris.

Kamu bisa bertukar pesan lewat voice messages atau bahkan melakukan percakapan lewat video call.

9. Cobalah melakukan live video lewat aplikasi Instagram
Nah, jika rasa percaya dirimu untuk bicara Bahasa Inggris sudah mulai meningkat, cobalah sekali-kali melakukan live video lewat aplikasi Instagram. Kamu bisa menyiapkan dulu topik apa yang pangin kamu sampaikan.

Dengan melakukan live video, kamu menantang dirimu sendiri untuk bicara spontaneously dan apa adanya. Meski awalnya bakal gugup banget, tapi percayalah cara ini adalah cara yang ampuh untuk bikin kamu lebih pede bicara Bahasa Inggris di depan publik.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk bikin kamu lebih fasih dan percaya diri bicara Bahasa Inggris. Sejatinya belajar bahasa adalah soal kebiasaan. Semakin sering mempraktikkan, semakin lancar pula kamu berbicara dalam bahasa tersebut. So, selamat mencoba, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star