Hastag Campus

Banyak Godaan, Ini 5 Hal yang Harus Dijaga Ketika Kuliah di Perantauan

Menjalani kehidupan di perantauan memang tidaklah mudah. Apalagi untuk kamu yang sedang menjalani perkuliahan. Banyak hal yang harus kamu jaga agar kuliahmu berhasil sesuai dengan tujuan awalmu.

Jika kurang membatasi diri, sia-sialah perjuanganmu di tanah rantau. Untuk kamu yang sedang merantau, 5 hal ini perlu kamu jaga agar semua kewajibanmu dapat diselesaikan dengan baik.

1. Menjaga pergaulan dengan baik
Lingkungan pertemanan akan menentukan sejauh mana kamu melangkah. Salah dalam memilih teman akan menjerumuskanmu. Bertemanlah dengan orang yang membawa kamu ke arah positif, agar kamu bisa lebih termotivasi.

Baca juga: 5 Pekerjaan Keren yang Bisa Dilamar oleh Lulusan Ilmu Pemerintahan

2. Terus memiliki semangat meskipun banyak tantangan
Rasa pantang menyerah harus kamu miliki agar semangatmu tidak padam. Selalu buat dirimu merasa termotivasi untuk mencapai target. Jangan biarkan tantangan yang ada membuat kamu menjadi lemah. Jadikanlah segala tantangan menjadi kekuatan untuk kamu lebih maju lagi.

3. Tetap melakukan aktivitas positif meskipun di tempat berbeda
Jika kamu mempunyai aktivitas yang positif di kota asalmu, tetap lakukanlah meskipun berbeda tempat. Bukan hanya dilakukan, kamu juga harus mengembangkan aktivitas tersebut agar berguna di masa depanmu.

Baca juga: Mau Mulai Bisnis? Ini 10 Tips Sukses yang Cocok untuk Millennial

4. Harus bijak dalam hal finansial
Keuangan merupakan hal yang harus kamu atur sebaik mungkin. Gunakan uangmu secara bijak agar semua kebutuhan terpenuhi. Usahakan selalu ada uang yang kamu tabung setiap bulan untuk kebutuhanmu yang mendesak.

5. Menjaga komunikasi dengan keluarga
Komunikasi dengan keluarga harus selalu terjaga sejauh apa pun kita berada. Usahakan selalu memberi kabar kepada mereka setiap hari. Tetap jaga komunikasi dengan keluarga agar mereka tidak khawatir dengan kondisimu. Walaupun sebentar, kabar darimu akan selalu ditunggu.

Meskipun banyak godaan yang akan datang ketika kamu merantau. Pastikan kamu masih bisa membatasi hal yang menurutmu salah untuk dilakukan. Selalu jaga nilai-nilai positif yang ada dalam dirimu. Jika kamu tidak bisa menjaga prinsip awalmu, sia-sialah perjuanganmu untuk hidup mandiri di perantauan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star