Hastag Campus

5 Sikap yang Harus Kamu Punya Saat Menuntut Ilmu

Setiap orang mengalami proses belajar dalam hidupnya, entah itu di bangku formal seperti sekolah atau non formal yang sering kita sebut sebagai sekolah kehidupan. Dengan menuntut ilmu, seseorang menjadi kaya wawasan dan pengetahuan, serta memiliki pengalaman berharga dalam memperoleh ilmu. Namun demikian, kerap kali ada segelintir pihak yang terlalu gegabah dalam menuntut ilmu. Alhasil, proses belajar pun dikebut dan akhirnya menjadi hal yang berbau instan.

Ingatlah, belajar dengan sistem instan akan membuatmu rugi. Sebab kamu tidak melalui dan menikmati alur belajar yang sesungguhnya. Ilmu yang kamu peroleh pun jadi tidak berkah dan malah membawa musibah bagi dirimu sendiri.

Untuk itu, yuk ketahui lebih dalam sikap apa saja yang harus kamu punya dalam menuntut ilmu, berikut ini 5 diantaranya.

1. Jadilah pribadi yang berakhlak mulia
Ketahuilah, jangan menjadi penuntut ilmu yang hanya pandai menyimpan konten atau pelajaran yang kamu terima baik di sekolah atau di kehidupan pribadi, hanya sebatas di kepala saja. Sebab jika hal itu kamu lakukan, maka ilmu yang kamu dapat akan sia-sia belaka. Jadilah pribadi yang berakhlak mulia dengan ilmu seiring dengan proses menuntut ilmu yang kamu lakukan. Sebab, percuma saja menuntut ilmu setinggi mungkin namun diri tak memiliki akhlak yang mulia.

Ketahuilah, dengan beradab dan berakhlak, maka ilmu yang kamu peroleh pun akan membawa kebaikan dalam hidupmu. Sebaliknya, jika akhlak kamu singkirkan, ilmu hanyalah omong kosong meskipun kamu sangat jago dalam menguasainya.

Baca juga: Gak Selalu Negatif, 6 Hal Positif Ini Dirasakan Mahasiswa “Kupu-Kupu”

2. Tidak sombong
Sombong dapat mematikan hati, bahkan dapat membuat proses menuntut ilmu yang kamu tempuh menjadi sia-sia. Secuil kesombongan yang menyelinap dalam hati akan membuatmu menjadi pribadi yang angkuh lagi tinggi hati. Hal ini tentu akan membuat ilmu yang kamu miliki tak berarti apa-apa. Ketahuilah, seorang pintar yang rendah hati lebih baik daripada seorang yang pandai lagi cerdas namun begitu sombong dan angkuh dalam kehidupannya. Ingatlah, sombong akan meruntuhkan ilmu yang kamu miliki, karena keberkahan ilmu hadir jika hati tidak terjangkit penyakit sombong.

3. Senantiasa jujur di segala kondisi
Jika diibaratkan barang, maka kejujuran adalah barang mewah yang hari ini mulai langka di kehidupan kita. Ini karena kejujuran yang perlahan luntur dan seolah ditinggalkan oleh segelintir orang lantaran lebih menyukai berdusta demi meraih sesuatu.

Ingatlah, dalam hidup ini, begitu pun ketika kamu menuntut ilmu, maka jangan tanggalkan kejujuran dalam prosesnya. Sebab jujur adalah ciri penuntut ilmu sejati. Jangan hilangkan kejujuran hanya karena ingin meraih sesuatu dengan cara tidak terpuji. Ketahuilah, jika kamu jujur, maka hidupmu jauh lebih baik.

Baca juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Melakukan Program Pertukaran Pelajar

4. Tidak tergesa-gesa
Janganlah tergesa-gesa dalam menuntut ilmu. Sebab semua hal butuh proses. Jika kamu sedang belajar ilmu eksak misalnya, maka kamu harus mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Tidak bisa langsung terjun ke materi yang lebih sulit hanya karena ingin buru-buru bisa menguasai suatu ilmu. Ingatlah, belajar bukan ajang siapa cepat dia dapat, namun siapa yang konsisten dan tekun maka ia yang akan mampu menguasai ilmu tersebut.

Oleh karena itu, hindari bersikap tergesa-gesa dalam menuntut ilmu, sebab kamu akan merugi dan ujungnya tak mendapatkan apa-apa dalam proses menuntut ilmu.

5. Menghargai orang lain dan tidak meremehkannya
Dalam menuntut ilmu, seseorang haruslah pandai membawa diri. Jangan sampai merasa diri pintar dan mampu, sehingga akhirnya lupa untuk menghargai orang lain dan malah meremehkan orang-orang yang kemampuannya lebih rendah. Ingatlah, menghargai orang lain adalah sebuah perkara mulia dan harus menjadi karakter seseorang dalam menjalani hidupnya. Percuma saja menuntut ilmu setinggi langit, jika kamu mudah sekali meremehkan atau mengkerdilkan orang lain.

Selagi masih diberi kehidupan oleh Sang Pencipta, maka manfaatkan waktu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat, salah satunya menuntut ilmu. Jadilah pribadi yang rendah hati dengan ilmu, bukan malah menjadi tinggi hati dan malah angkuh karena sudah merasa pandai akan ilmu. Yuk berbenah diri!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star