Hastag Campus

Kamu Pengen Cepat Lulus Kuliah? Coba 5 Hal Ini Sekarang!

Dalam menjalani hidup, setiap manusia pastinya mempunyai target-target yang ingin dicapai ya. Jika kamu seorang mahasiswa, memiliki target ingin cepat lulus itu adalah dambaan bagi setiap mahasiswa, termasuk kamu juga ‘kan. Nah, keuntungan lulus dengan cepat itu berarti bisa lebih cepat bekerja, lalu mendapatkan penghasilan sendiri, kemudian bisa hidup mandiri. Orang tuamu pasti akan senang dan bangga melihatmu sukses. Agar semua itu bisa cepat terwujud, IDN Times kali ini akan memberikan informasi 5 hal yang bisa kamu coba agar cepat lulus kuliah, simak yuk!

1. Kamu bisa mencari informasi secara detail tentang peraturan kampus
Agar kamu cepat lulus, kamu bisa mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya dengan detail faktor apa saja yang diperlukan untuk bisa lulus dengan tepat waktu atau bahkan bisa lebih cepat. Di Indonesia, untuk jenjang strata-1, satuan kredit semester yang dibutuhkan biasanya minimal 144 dan maksimal 160 menyesuaikan dengan jurusan yang diambil. Jika kamu sudah mengetahui beban SKS yang dibutuhkan, mulailah membuat strategi agar di setiap semesternya kamu bisa mengambil beban maksimal SKS. Hal tersebut bisa meringankan beban SKS-mu di akhir semester nanti.

Baca juga: 5 Tips yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah Biar Cepat Dapat Kerja

2. Buat planning untuk timeline perkuliahanmu
Dengan timeline per semester yang sudah kamu punya, kamu bisa memulai untuk membuat rencana yang mudah kamu realisasikan agar bisa lebih mempermudah perkuliahanmu. Contohnya, rencana SKS yang akan kamu ambil per semesternya agar tujuan kamu lulus dengan cepat, bisa terealisasi dan kamu harus bisa disiplin serta konsisten atas timeline kelulusan versi kamu yang telah kamu rencanakan.

3. Nilai mata kuliah dan IPK-mu harus konsisten bagus
Untuk langkah selanjutnya agar kamu bisa mencapai target lulus dengan cepat adalah nilai-nilai mata kuliah yang kamu ambil di setiap semesternya harus bagus dan sebisa mungkin jangan ada mata kuliah yang mengulang, karena hal itu akan menghambatmu untuk lulus dengan cepat. Kamu juga harus memperhatikan komponen penilaian per mata kuliah, biasanya komponen penilaian itu terdiri dari kehadiran, tugas, ujian tengah semester dan ujian akhir semester, untuk persentasenya tergantung dari kebijakan masing-masing kampus. Kemudian, Indeks Prestasi Kumulatif atau yang lebih sering kita sebut dengan IPK, sebisa mungkin nilainya harus lebih dari angka 3,00 untuk menjadi syarat administratif di beberapa perusahaan saat kamu akan melamar pekerjaan nantinya.

Baca juga: 5 Cara Cepat Adaptasi Pada Pekerjaan yang Tak Sesuai Jurusan Kuliah

4. Selesaikan magang dan KKN di waktu yang tepat
Beberapa jurusan mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN), hal tersebut menjadi syarat kelulusan untuk setiap mahasiswa. Nah, jika kamu ingin lulus dengan cepat, maka kamu bisa melakukan magang atau KKN di waktu yang sudah ditentukan, jangan sampai kamu melewatkan waktu tersebut, karena akibatnya akan fatal. Kamu harus menunggu tahun depan untuk bisa mengikuti KKN, gagal deh rencana kamu buat lulus lebih cepat.

5. Mulai kerjakan skripsi/tugas akhir/penelitian lebih awal dengan tema yang kamu sukai
Salah satu syarat lulus perkuliahan yang terakhir adalah skripsi atau tugas akhir atau penelitian, ketiga hal tersebut sama saja, tergantung jurusan yang kamu ambil, karena setiap jurusan memiliki perbedaan masing-masing dalam mengerjakan karya ilmiah tersebut. Tingkat kesulitannya pun juga sama, yang jelas karya ilmiah tersebut harus original, tidak boleh menjiplak dari karya orang lain.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star