Hastag Campus

Harus Coba, Ini 9 Tips Mempelajari Kosakata Baru dalam Bahasa Inggris

Kini kemahiran berbahasa semakin dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama kemampuan bahasa Inggris yang sudah ditetapkan sebagai bahasa internasional. Walau sejak kecil bahasa Inggris sering diajarkan di sekolah-sekolah, namun tidak dapat dimungkiri bahwa masih saja ada yang menganggap bahwa bahasa Inggris itu sulit.

Memang tidak heran jika masih ada yang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Karena salah satu alasannya adalah jumlah kosakata dalam bahasa Inggris mencapai 1 juta lebih, berbeda jauh dengan bahasa Indonesia yang hanya sekitar 120 ribu. Supaya lebih mudah belajarnya, yuk simak 9 tipsnya berikut ini!

1. Buatlah daftar kata
Buatlah daftar kata baru yang akan kamu hafal kemudian catatlah di dalam buku note. Dan jika kamu malas membawa buku note kamu bisa gunakan ponselmu yang bisa kamu bawa ke mana-mana. Dan dalamilah kata-kata yang kamu catat itu.

Misalnya car artinya mobil, kamu juga harus pahami bahwa itu termasuk kata benda atau noun. Dan bisa juga kata beautiful artinya cantik, kamu juga harus cari sinonimnya yaitu pretty bahkan antonimnya yaitu ugly. Dengan cara ini kamu dapat semakin memperkaya kosakata barumu lho!

Baca juga: Ini 5 Tips yang Dapat Dilakukan Untuk Menjadi Wanita Karier Sukses

2. Pelajari sandingan kata
Ketika belajar kosakata baru jangan kamu hanya belajar kata itu saja tapi pelajarilah juga kata itu disandingkan dengan kata apa. Misalnya kata party, kamu bisa sandingkan dengan kata throw, menjadi throw a party. Atau kamu sandingkan dengan plan menjadi plan a party.

Bahkan bisa kamu sandingkan dengan kata have menjadi have a party. Mengapa hal ini penting, agar kamu tidak mengalami kekeliruan dalam menyandingkan kata-kata. Misalnya yang seharusnya kamu gunakan plan a party kamu malah menggunakan make a party yang terdengar asing untuk digunakan.

3. Membaca buku
Dengan membaca suatu buku kamu akan melihat bentuk utuh dari sebuah kalimat sekaligus akan memperkaya kosakata yang kamu punya. Berikut Rekomendasi buku yang bisa kamu baca, Diary of a Wimpy Kid karya Jeff Kinney, Flat Stanley karya Jeff Brown, The Lion, the Witch and the Wardrobe karya CS. Lewis, dan Animal Farm karya George Orwell.

4. Belajar melalui lagu
Jika kamu memiliki lagu favorit berbahasa Inggris jangan hanya dinikmati saja lagunya, tapi cobalah pelajarilah lagu itu. Mulailah mencari lirik lagu favoritmu itu dan catat kosakata baru yang kamu dapat. Terlebih lagi, dengan lagu itu kamu bisa sekaligus mempelajari cara pengucapannya atau pronunciation, lho!

Baca juga: 5 Tips bagi Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja dan Dilirik Perusahaan

5. Gunakan kamus
Sering-seringlah mampir ke kamus online maupun offline. Karena dalam kamus terdapat kata turunan dari kata yang kamu cari artinya, misalnya kata produce sebagai verb, producer sebagai noun, productive sebagai kata sifat, unproductive sebagai antonimnya, productively sebagai kata keterangan.

Dengan begitu kamu mendapatkan beberapa kosakata baru sekaligus banyak. Dan ini rekomendasi kamus online yang bisa kamu gunakan yaitu Cambridge dictionary dan Oxford dictionary.

6. Gunakan flashcards
Dengan membiasakan permainan ini bisa melatih otakmu dalam mengolah kosakata yang baru. Flashcard yang menampakkan sebuah visual ini akan mempermudah otakmu dalam menangkap kosakata yang baru. Dengan cara ini kamu tidak akan bosan karena kamu bisa bermain sekaligus belajar. Seru, kan?

7. Jelaskan dengan bahasa Inggris
Kamu harus mencoba deskripsikan hal-hal yang terjadi padamu menggunakan bahasa Inggris. Entah itu kamu sedang kesal, senang atau apa pun yang terjadi padamu, ungkapkanlah semua ekspresimu dalam bahasa Inggris. Dan kamu pun bisa langsung mencari di kamus jika ada suatu hal yang tidak kamu ketahui bahasa Inggrisnya.

8. Dengarkan penutur asli berbicara
Kamu bisa mendengarkan para penutur asli dalam film maupun platform YouTube untuk mempelajari kosakata baru. Dengan cara ini, kamu tidak hanya bisa menambah kosakata baru, tapi kamu juga bisa memahami konteks pemakaian dari kata tersebut.

9. Bicaralah dan praktikkan
Yang terakhir adalah praktik, setelah kamu mempelajari dan menghafal kosakata baru, kamu harus langsung mempraktikkannya. Karena dengan mempraktikkan apa yang baru kamu hafal, akan lebih mudah kosakata itu masuk ke memori otakmu.

Nah, itu dia 9 tips untuk mempelajari kosakata baru dalam bahasa Inggris. Kamu tidak perlu menerapkan semuanya, cukup beberapa cara yang memang cocok untukmu ya. Selamat mencoba!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star