Hastag Campus

Sebelum Lulus Kuliah, Pastikan Kamu Melakukan 5 Hal Ini Dulu!

Buat para mahasiswa yang beranjak ke semester akhir, pasti sudah gak sabar banget untuk segera lulus. Ingin segera melepas beban tugas kuliah, wisuda, mengecap dunia kerja dan mendapatkan gaji pertama. Kelihatannya seru, ya? Eits, tapi kamu sudah siap menyambut hari-hari pasca lulus kuliah itu belum? Sebelum kamu lulus kuliah, ada baiknya kamu melakukan hal di bawah ini, ya!

1. Coba buat magang alias internship
Jangan memandang magang secara sebelah mata, hanya karena gak dibayar. Magang memberimu kesempatan untuk berlatih atau praktik sebelum terjun pada pekerjaan sebenarnya. Biasanya, ketika magang juga akan didampingi oleh mereka yang sudah ahli. Pengalaman magangmu ini akan sangat berharga, lho. Lumayan kan, buat ditaruh di CV kamu nantinya. Usahakan magang sesuai dengan jurusan kuliahmu, ya.

Kalau berbeda juga gak apa-apa, sih. Siapa tahu kamu punya potensi lainnya yang bisa bermanfaat. Kamu mahasiswa psikologi yang gemar menulis, dan pernah magang sebagai content writer? It’s okay!

Baca juga: Gak Hanya BEM, 5 Lembaga Kampus Ini Juga Baik untuk Masa Depanmu

2. Melihat atau mengintip lowongan pekerjaan
Meskipun belum lulus, gak ada salahnya kan mengintip lowongan pekerjaanmu di masa mendatang? Cobalah untuk mencari pekerjaan lewat website atau media sosial lowongan kerja. Kamu bisa melihat klasifikasi yang diminta dari posisi tersebut secara umum.

Bandingkan satu lowongan kerja dengan lowongan kerja lainnya. Dari situ kamu bisa tahu apa kemampuan atau hal yang dibutuhkan, sehingga kamu bisa mempersiapkan terlebih dahulu.

3. Ikut pelatihan, seminar atau workshop
Kamu juga bisa ikut pelatihan, seminar ataupun workshop. Biasanya mereka menyediakan sertifikat, sebagai penanda jika kamu telah menjadi peserta dan menerima ilmu tersebut secara ‘resmi’.

Misalnya saja, kalau kamu ikut seminar tentang desain, maka kamu akan mendapat sertifikat. Itu memberikan nilai tambah ketika nanti akan bekerja. Meski mungkin belum terlalu ahli, namun kamu diakui dan dipercaya telah mendapatkan materi mengenai itu. Cantumkan di CV mu, tapi yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar ya!

Baca juga: Tugas Kuliah Hadir Bertubi-tubi? 6 Hal Ini Ampuh Memotivasimu!

4. Jalin banyak koneksi
Percayalah, salah satu kunci untuk cepat mendapatkan pekerjaan adalah relasi. Semakin banyak kamu mengenal orang lain, jalinan koneksimu akan semakin luas. Kalian bisa saling bertukar informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Lebih bagus lagi jika ada yang berbaik hati menawarimu pekerjaan atas rekomendasi dari teman atau orang yang kamu kenal tersebut. Lumayan banget, kan?

5. Mulai menyusun CV dan portofolio
CV dan portofolio adalah berkas yang wajib disediakan untuk melamar pekerjaan. Apa salahnya mulai merancangnya dari sekarang? Sekaligus kamu menyeleksi sertifikat atau penghargaan yang relevan dengan pekerjaan di CV mu. Jangan lupa untuk membuat portofolio, terutama yang bekerja di media atau sesuatu yang berhubungan dengan seni. Perlu, tuh!

Jika kamu sudah melakukan semua hal di atas, maka kamu bisa dipastikan akan lebih siap menyambut fase kehidupan berikutnya. Masuk ke dunia kerja yang penuh dengan persaingan sesungguhnya. Kalau kamu sudah mempersiapkannya, pasti akan lebih mudah!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star