Hastag Campus

6 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Presentasi Sidang Skripsi

Presentasi merupakan hal yang lumrah untuk mahasiswa di perguruan tinggi dan dunia kerja. Presentasi yang kamu lakukan bisa berkelompok atau individu.

Mungkin sudah menjadi kebiasaan sejak SMP dan SMA untuk dapat berpresentasi yang baik dan benar. Tidak sulit juga untuk sekedar menjelaskan dan menjabarkan isi dari presentasi itu sendiri. Namun, hal yang paling membuat kita agak gugup adalah saat sesi tanya jawab.

Nah, di sini akan dijelaskan beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sidang skripsi atau presentasi kamu.

1. Pelajari beberapa pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan
Sebelum presentasi sebaiknya kamu sudah persiapkan beberapa kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan. Nah, dari situ kamu dapat pelajari pertanyaan tersebut dan cari jawabannya.

Dengan persiapan yang lebih matang, maka bukan tidak mungkin kamu akan mampu menjawab semua pertanyaan yang di ajukan ke kamu. Jawab dengan percaya diri yang tinggi agar penanya atau penguji percaya bahwa jawabanmu memang meyakinkan.

Baca juga: Untuk Kamu yang Sebentar Lagi Sidang Skripsi, Ini Cara Menyiapkan Diri dalam Presentasi

2. Jawab dengan percaya diri dan meyakinkan
Tidak perlu takut untuk salah, jika kamu sudah paham akan pertanyaan yang diajukan. Serta, kamu tahu jawabannya, langsung saja jawab dengan percaya diri. Percaya diri yang tinggi akan membuat penanya atau penguji percaya bahwa jawabanmu memang meyakinkan.

3. Jika ada pertanyaan yang menentang, pastikan tidak ada kata membantah atau melawan balik
Meskipun sudah paham sampai mendalam sekali, tapi kita menjawabnya dengan kata-kata pertentangan, mereka akan menilai buruk kamu. Sebaiknya gunakan kata-kata yang elegan dan tidam terkesan kamu membantahnya.

4. Mengatakan “tidak tahu” dengan bijak
Meskipun kamu sudah mempersiapkan kemungkinan pertanyaan dan jawabannya. Tapi, tetap saja ada pertanyaan lain yang belum bisa kamu jawab. Gak perlu khawatir atau grogi.

Jika memang tidak tahu jawabannya, jangan langsung mengarang karangan yang aneh. Itu justru akan membuat presentasi kamu tidak dipercaya lagi. Untuk itu, kejujuran atas ketidaktahuan kamu itu tidak masalah.

Tapi bukan serta merta kamu meninggalkan tanggung jawab. Kamu dapat memberi tahu beberapa referensi yang kamu tahu. Serta menanyakan kepada audiens yang lain untuk menjawab pertanyaan itu, jika itu adalah forum diskusi.

Baca juga: Lakukan 7 Tips Ampuh Ini Agar Sidang Skripsimu Sukses

5. Tidak perlu keburu menjawab. Pikirkan dengan tenang sebentar, baru jawab
Kesalahan yang sering dilakukan saat menjawab pertanyaan adalah terburu-buru untuk menjawab. Sebetulnya jika kamu sudah paham, kamu dapat langsung menjabarkan jawabanmu. Namun, jika agak sulit, kamu dapat mengambil jeda setelah pertanyaan untuk berpikir. Dengan catatan, jangan sampai mereka menunggu terlalu lama.

6. Lakukan konfirmasi pada si penanya setelah kamu menjawab
Beberapa penanya terkadang belum mendapatkan informasi yang sebenarnya mereka butuhkan dari jawabanmu. Oleh karena itu, selalu biasakan setelah menjawab, kamu tanyakan kembali. Bagaimana pendapatnya setelah kamu jelaskan pertanyaannya. Jika dia sudah merasa “puas” maka kamu dapat melnjutkan ke pertanyaan selanjutnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat melayani pertanyaan-pertanyaan atas presentasimu.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star