Hastag Campus

5 Cara Mudah Temukan Ide untuk Menulis di Saat Pikiran Sedang Buntu

Pada dasarnya, menemukan ide untuk menulis bukanlah perihal yang sulit. Namun demikian, tidak sedikit pula yang merasa kesulitan untuk menemukan ide ketika hendak menulis. Hingga akhirnya ‘buntu’ menjadi alasan utama untuk tidak berkarya. Padahal, jika memang dipahami, ada banyak cara untuk menemukan ide brilian saat kita merasa buntu.

Lalu bagaimana untuk menemukan ide tersebut di saat sedang buntu? Jangan bingung, kamu bisa pakai 5 cara berikut ini untuk mendapatkannya.

1. Luangkan waktu untuk bersantai
Kamu perlu bersikap relax atau santai agar bisa menemukan sebuah ide. Tidak perlu menekan pikiranmu untuk menemukan ide tersebut. Sebab ide tidak akan muncul saat pikiranmu sedang stres.

Untuk itulah kamu butuh bersantai seolah-olah kamu sedang tidak memiliki beban. Dengan begitu, pikiranmu pun akan mulai terisi dengan imajinasi yang baru. Tentunya hal tersebut sangat membantumu untuk mencetuskan sebuah ide.

Baca juga: 5 Modal Dasar Lulusan Baru untuk Kuat Hadapi Kerasnya Dunia Kerja

2. Bukan hanya bersantai, sesekali dengarkanlah musik
Bukan sekadar santai, kamu juga perlu mendengarkan musik favorit untuk mendapatkan ide. Disadari atau tidak, ternyata mendengarkan musik dapat mengusir kejenuhan yang sedang melanda, hal tersebut sangat berkaitan erat dengan penemuan sebuah ide.

Cobalah untuk merasakan setiap sentuhan dari melodinya, sehingga jiwamu akan lebih terasa segar. Dengan begitu, imajinasimu pun akan kembali terasah, dan kamu jadi bisa memilih ide untuk menulis.

3. Jangan malas, perbanyaklah belajar untuk peka terhadap lingkungan sekitar
Salah satu penyakit menular yang sering mengganggu seorang penulis adalah ‘malas’. Beranggapan bermalas-malasan dapat menumbuhkan ide adalah hal yang salah. Padahal, kamu perlu banyak belajar untuk mendapatkan ide yang cemerlang. Belajar bukan hanya di bangku sekolah atau pun dengan membaca.

Kamu bisa belajar untuk memahami lingkungan sekitar. Cobalah untuk lebih peka terhadap keadaan, sehingga pikiranmu tidak akan buntu dalam mencetuskan sebuah ide. Apa yang kamu lihat, dengar, dan rasakan, cobalah untuk memadukannya.

Baca juga: Gak Perlu Khawatir, Ini 7 Peluang Karier buat Kamu Mahasiswa Sastra

4. Menonton film untuk menemukan sesuatu yang unik
Terlihat sepele dan mungkin kamu juga akan berpikir apakah hal tersebut mungkin terjadi. Namun, kamu tidak akan tahu sebelum mencobanya. Ya, kamu perlu melakukan hal-hal baru untuk menemukan ide. Jika biasanya kamu hanya menonton film untuk hiburan, cobalah sesekali menonton film untuk menemukan ide.

Tidak perlu terlalu serius dalam menyaksikan setiap adegan yang diputar. Kamu hanya perlu menikmatinya dan lihatlah hal-hal yang terjadi dalam film tersebut. Karena, dengan begitu kamu akan menemukan sesuatu yang unik—yang mungkin tidak terbayang oleh orang lain, sebagai sebuah ide.

5. Mendatangi tempat yang menurutmu dapat menenangkan jiwa dan pikiran
Saat kamu sudah mulai merasa bosan dan kesulitan untuk menemukan ide. Cobalah untuk melangkahkan kaki menuju suatu tempat yang menurutmu dapat membuat jiwa dan pikiranmu terasa tenang. Dengan melakukan sebuah perjalanan singkat, ada banyak kemungkinan kamu dapat menemukan sebuah ide.

Hal ini tidak sulit untuk dilakukan. Selain dapat memunculkan sebuah ide, kejenuhan dalam pikiranmu pun akan mulai terkikis, sehingga kamu tidak akan merasa buntu lagi.

Sebenarnya, untuk menemukan sebuah ide bukanlah suatu hal yang susah jika kamu sudah memiliki niat dan tekad yang kuat. Hanya saja, apakah kamu benar-benar menginginkannya atau tidak.

Kamu juga tidak akan pernah tahu dan mampu jika tidak mencobanya. Jadi, pastikan tidak ada lagi alasan ‘buntu’ untuk menemukan sebuah ide ketika hedak menulis, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star