Hastag Campus

5 Cara Kurangi Kebiasaan Menunda yang Harus Kamu Tahu

Cuma bikin kacau, kebiasaan menunda yang kamu miliki bisa berakibat buruk pada banyak hal, entah itu pekerjaan, kuliah, sekolah, maupun kegiatan sehari-hari yang sudah kamu rencanakan. Kalau gak bisa mengubahnya, nantinya kamu sendiri yang akan menyesal dengan hasil yang gak sesuai.

Makanya, berikut ini lima cara mengurangi kebiasaan menunda yang harus kamu tahu. Jangan menyerah untuk jadi pribadi yang lebih baik, ya!

1. Membuat jadwal tertulis dan berkomitmen akan menepatinya
Tuliskan apa yang harus kamu lakukan pada hari itu dan usahakan untuk menepatinya. Kecuali ada gempa, jangan sampai kamu tidak melakukan apa yang kamu tulis. Lebih baik, sedikit-sedikit tapi selesai, dibanding menunda dan menyebabkan pekerjaanmu menumpuk terlalu banyak.

Baca juga: Ingin Jadi Public Speaker Andal? Kamu Harus Lalui 5 Tantangan Ini!

2. Menjauhi semua yang bisa menghancurkan fokusmu
Kalau kamu memang mau mengurangi kebiasaan menunda yang kamu miliki, biasakan untuk gak terpengaruh dengan hal-hal yang bisa menghancurkan fokusmu. Jangan ikut mengobrol kalau pekerjaanmu belum selesai.

Jangan pula fokus dengan lini masa medsos kalau masih ada yang harus dikerjakan. Kamu harus tegas dengan diri sendiri kalau memang mau hasil yang maksimal.

3. Mencicil pekerjaan dari jauh-jauh hari
Kebiasaan menundamu yang kadang gak bisa diprediksi kapan datangnya ini harus diakali dengan mencicil pekerjaan dari jauh-jauh hari. Walau sedikit, kamu harus tetap mengerjakan dibanding tidak sama sekali dan akhirnya nanti malah menumpuk. Paksa dirimu untuk mau berusaha mengerjakannya.

Baca juga: 5 Prinsip Hidup yang Akan Membawamu pada Kesuksesan

4. Menempelkan kata-kata penyemangat di meja
Gak ada motivasi terbaik selain yang datangnya dari dalam diri sendiri. Makanya, untuk memancing semangatmu itu keluar, coba tempelkan banyak kata-kata penyemangat di meja yang akan membuatmu tergerak untuk melakukan pekerjaanmu sekarang juga.

5. Mempertimbangkan risiko yang bisa kamu dapatkan akibat menunda
Kalau sudah mencoba semua cara, tapi tetap tidak berhasil, kamu butuh memikirkan risiko apa yang bisa kamu dapatkan nantinya. Pakai sistem jika maka. Jika kamu suka menunda, maka pekerjaanmu gak selesai. Jika pekerjaanmu gak selesai, maka kamu akan bikin bosmu marah. Jika bosmu marah, maka gak menutup kemungkinan kamu dipecat. Mau?

Butuh konsistensi dan komitmen, kamu harus terpatok pada hasil baik yang akan kamu dapatkan nantinya. Kalau tetap membiasakan hal buruk suka menunda ini, kamu sendiri yang akan kehilangan banyak kesempatan untuk melakukan hal lain yang bermanfaat. Jangan menyerah, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star