Hastag Campus

5 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Membuatmu Jago Bahasa Inggris lho!

Mempelajari Bahasa Inggris pada dasarnya tidak harus dilakukan di dalam ruang kelas saja. Sebab, kamu juga bisa melakukannya dengan berbagai macam hal sederhana yang mengasyikkan lho. Nah, berikut ini beberapa di antaranya yang perlu kamu ketahui.

1. Menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris
Meski sering disepelekan, menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris merupakan cara paling sederhana yang sangat efektif untuk belajar Bahasa Inggris. Sebab, hal tersebut bisa bermanfaat untuk menambah kosakata sekaligus meningkatkan kemampuan mengolah kalimat dan pengucapan kalimat dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: 5 Kampus Swasta Indonesia Terbaik QS Asia University Ranking 2020

2. Mendengarkan lagu Bahasa Inggris
Sama halnya dengan menonton film, mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga merupakan salah satu cara sederhana yang efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Pasalnya pada saat menghafalkan lirik yang ada di lagu tersebut, secara tidak sadar kamu juga pasti berusaha untuk memahami kata dan kalimat dalam Bahasa Indonesia. Selain itu kamu juga bisa belajar artikulasi yang benar dalam mengucapkan tiap kata.

3. Berbicara dengan diri sendiri di depan cermin
Bukan tidak bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris secara baik, akan tetapi beberapa orang justru tidak memiliki kepercayaan diri dalam menggunakan kemampuannya tersebut. Sehingga untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris, kamu bisa melakukan hal yang satu ini.

Bayangkan saja jika pantulan dirimu yang ada di cermin tersebut adalah orang lain. Dengan begitu, nantinya kamu akan terbiasa sendiri kok.

Baca juga: 5 Kunci Persiapkan Kesuksesan yang Sering Terlewatkan

4. Belajar memahami frasa, bukan menghafal kata
Kamu pernah dengar mengenai idiom? Nah, belajar memahami frasa Bahasa Inggris yang sulit diartikan dengan menerjemahkan satu per satu katanya tersebut bisa lho berguna untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar.

Pasalnya, cara yang satu ini menuntut kamu benar-benar paham dengan makna sesungguhnya dari kata Bahasa Inggris, bukan hanya sekadar hafalan belaka. Dengan demikian, dijamin deh kemampuan kamu dalam berkomunikasi akan terdengar seperti seseorang yang handal.

5. Tidak membandingkan kemampuan Bahasa Inggris kamu dengan orang lain
Membandingkan kemampuan diri sendiri dengan orang lain merupakan hal yang sangat buruk. Sebab, itu justru bisa menghambat dirimu untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki, termasuk kemampuan dalam berbicara Bahasa Inggris. Jadi, jangan pernah melakukannya ya!

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga perlu konsisten dan berani mempraktikkannya dengan berbicara kepada orang lain.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star