Hastag Campus

Sarat Akan Manfaat, Ini 5 Alasan Mahasiswa Wajib Ikut PKM!

Kamu mahasiswa? Pasti sudah tahu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), kan? Program yang dibuat oleh Dikti ini, memang sangat bergengsi, terutama di kalangan akademisi perguruan tinggi di Indonesia.

Mumpung masih berstatus mahasiswa, kamu wajib setidaknya sekali ikut berpartisipasi dalam program ini. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika bersungguh-sungguh mengikutinya. Ini dia alasan mahasiswa wajib ikut PKM.

1. Mengembangkan kemampuan berpikir kreatifmu
Hal pertama yang membuatmu tertantang ialah kemampuan berpikir kreatif dalam menghasilkan ide yang dapat dikembangkan jadi nyata. Apabila ide itu ditolak oleh dosen pembimbing, maka mau tidak mau, kamu akan berpikir keras untuk mencari ide lain.

Bukan hanya kreatif, tapi ide yang kamu hasilkan juga harus memiliki dampak positif karena tujuan PKM memang untuk menelurkan program-program yang bisa bermanfaat bagi bangsa.

Baca juga: Biar Mudah Mengingat, Ini 7 Trik Jitu Khusus Kamu yang Pelupa

2. Melatihmu bekerja dalam kelompok
Kamu akan tahu bagaimana rasanya harus menekan egomu ketika bekerja di dalam sebuah tim. Dalam PKM, ketua dan anggota pasti memiliki opini dan pandangan mereka terhadap hal-hal tertentu.

Di sinilah, kamu akan belajar menekan egomu sendiri dan belajar bagaimana menyelesaikan masalah dengan beragam pikiran yang berbeda. Kemampuanmu dalam bekerja sama pasti akan berkembang, deh!

3. Menambah relasi dengan sesama mahasiswa dan bahkan dosen
Menurut peraturan yang berlaku, akan lebih baik apabila anggota di dalam sebuah tim PKM berasal dari jurusan, bahkan hingga fakultas yang berbeda.

Ini karena akan ada banyak wawasan, pikiran, dan pendapat yang berasal dari latar belakang akademik yang berlainan. Kreativitas juga bisa lahir dari perbedaan, lho!

Baca juga: 5 Tips Atasi Rasa Gugupmu Saat Menghadapi Interview

4. Jika terpilih, ide atau programmu akan didanai pemerintah lho!
Salah satu hal yang menjadi incaran mahasiswa jika terpilih ialah kesempatan agar programmu dan tim bisa didanai oleh pemerintah. Hal ini tentu sangat berguna, terlebih lagi bila program yang kamu canangkan merupakan program bisnis yang berkelanjutan.

5. Menambah soft skill dan hard skill yang kamu miliki
Dalam hal ini, soft skill yang yang bisa kamu kembangkan ialah kemampuan berbicara di hadapan publik, kemampuan bersosialisasi, hingga kemampuan untuk bekerja di dalam tim.

Hard skill yang akan kamu dapatkan melalui PKM ialah kemampuan menulis dan membuat proposal pengajuan ide. Selain itu, kamu juga akan dilatih agar dapat mempresentasikan ide atau programmu dengan baik jika sampai lolos ke ajang PIMNAS.

Gimana? Dari alasan mahasiswa wajib ikut PKM tadi, menarik banget kan ikut program ini? Dijamin deh kamu bakal dapat beragam manfaat dan pengalaman berharga kalau ikut PKM ini!

Buat kamu yang punya ide-ide kreatif dan juga solutif buat permasalahan yang ada saat ini, boleh banget lho menyalurkannya lewat PKM! Selamat mencoba!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star