Hastag Campus

8 Prodi S1 Ini Cuma Ada Satu Di Indonesia, Dari Katering Hingga Nuklir

Pilihan jurusan kuliah sebenarnya ada banyak. Namun yang dikenal mayoritas orang, hanya yang banyak peminat atau diunggulkan. Berikut ini ada delapan prodi S1 yang cuma ada satu di Indonesia. Mau tahu?

1. Sains Atmosfer dan Keplanetan – Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
Jika Astronomi mempelajari tentang fenomena di sistem tata surya secara luas, maka program studi yang satu ini membahas bagian yang lebih spesifik. Prodi Sains Atmosfer dan Keplanetan adalah bagian dari Ilmu Astronomi.

Jurusan kuliah ini hanya ada satu di Indonesia, dibuka oleh Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang berlokasi di Lampung. Di program studi ini, mahasiswa akan diajak mempelajari perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di bumi.

Selain itu, tetap dipelajari juga tentang interaksi antara matahari dengan planet-planet dalam tata surya. Bisa dijadikan alternatif, nih selain prodi Astronomi di ITB!

2. Sastra Belanda – Universitas Indonesia (UI)
Dari sekian banyak jurusan kuliah bahasa dan sastra di Indonesia, hanya ada satu kampus yang membuka prodi Sastra Belanda yaitu Universitas Indonesia. Gak cuma tata bahasanya saja, prodi ini juga memberi wawasan tentang kebudayaan Belanda.

Baca Juga : 5 Kunci Persiapkan Kesuksesan yang Sering Terlewatkan

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen – Institut Pertanian Bogor (IPB)
Meski namanya Institut Pertanian, kampus di Dramaga, Bogor ini, punya prodi unik yang hanya ada satu di Indonesia yaitu Ilmu Keluarga dan Konsumen. Program studi ini mempelajari tentang pengembangan dan pemberdayaan keluarga.

Menarik, lho! Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen akan diajak membahas upaya-upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan konsumen. Tertarik?

4. Astronomi – Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Bandung (ITB) hingga saat ini adalah satu-satunya kampus di Indonesia yang membuka program studi Astronomi. Peminatnya selalu ramai dari tahun ke tahun, lho! Apakah kamu salah satunya?

Prodi yang telah mengantongi predikat A ini, membuka tiga jenjang pendidikan sekaligus yaitu S1, S2 atau Magister, serta S3 atau Doktoral.

Astronomi ITB juga mendapat warisan Observatorium Bosscha yang dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrekundige Vereeniging (NISV), sebuah himpunan astronom Belanda pada awal tahun 1920-an.

5. Manajemen Industri Katering – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Tertarik mendalami bidang kuliner, tapi gak ingin mengambil sekolah chef? Prodi unik ini, cocok buatmu, yaitu Manajemen Industri Katering. Prodi ini terdapat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan hanya satu-satunya di Indonesia.

Manajemen Industri Katering mempelajari tentang manajemen operasional usaha kuliner mulai dari perencanaan, pengelolaan, hingga pemasaran. Pengetahuan dasarnya juga menarik, yaitu mempelajari seluk beluk kuliner dari lokal hingga mancanegara.

Baca Juga : 5 Langkah Sederhana Mencari Informasi Seputar Kampus, Sudah Tahu?

6. Teknik Nuklir – Universitas Gadjah Mada (UGM)
Program studi Teknik Nuklir hanya ada satu di Indonesia, yaitu di Universitas Gadjah Mada (UGM). Jika berminat masuk ke prodi ini, kamu harus siap berhadapan dengan Ilmu Fisika dan Matematika sepanjang perkuliahan.

Selain Teknik Nuklir UGM, ada juga Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) yang didirikan oleh Badan Teknologi Nuklir Nasional (BATAN) dan lokasinya sama-sama di Yogyakarta. Namun uniknya, di STTN justru gak ada prodi Teknik Nuklir.

STTN membuka tiga program studi saja, yaitu Teknokimia Nuklir, Elektronika Instrumentasi, dan Elektromekanik.

7. Teknik Pengairan – Universitas Brawijaya (UB)
Air adalah sumber daya alam yang sangat penting untuk makhluk hidup. Gak cuma manusia, hewan dan tumbuhan pun butuh air. Nah, prodi Teknik Pengairan di Universitas Brawijaya ini mempelajari seluk-beluk pengelolaan air.

Memadukan ilmu teknik dan hidrologi, Teknik Pengairan juga membahas tentang manajemen sumber daya air hingga sistem pengairan pada bangunan. Prodi ini cuma ada satu di Indonesia, lho!

8. Teknik Transportasi Laut – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Sebagai negara maritim, pengelolaan dan pemanfaatan laut sangat penting untuk dipelajari. Institut Teknologi Sepuluh Nopember membuktikannya dengan membuka prodi Teknik Transportasi Laut.

Transportasi laut memang penting dipelajari untuk menyiapkan perjalanan yang aman sebagai penghubung antar pulau. Teknik Transportasi Laut gak hanya mempelajari hal-hal teknis, tapi juga aspek politik, sosial, budaya, serta pertahanan dan keamanan.

Selain Astronomi, tujuh prodi di atas masih terbilang awam di telinga masyarakat Indonesia. Padahal peluang kerja dan ilmunya sangat menarik, lho! Kalau boleh memilih, kamu ingin mengambil prodi yang mana?

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star